Jatim Times Network Logo
×

This is a floating div.

Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa 1 Tahun Tragedi Kanjuruhan

Peringatan Tragedi Kanjuruhan, Media Jepang: Pastikan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 yang Aman

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Dede Nana

02 - Oct - 2023, 08:11

Placeholder
Media NHK World Japan memberitakan peringatan satu tahun Tragedi Kanjuruhan. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Media Jepang, NHK World-Japan ikut menyoroti peringatan satu tahun Tragedi Kanjuruhan. Apalagi Indonesia menjadi tuan rumah piala dunia U-17 nantinya. Dalam berita yang disampaikan NHK World-Japan, Tragedi Kanjuruhan merujuk pada insiden maut usai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada Liga I 2022/2023, 1 Oktober 2022 lalu. 

NHK World-Japan pun menceritakan bahwa masyarakat Indonesia mengunjungi stadion sepak bola di Jawa Timur pada hari Minggu (1/10/2023) untuk mengenang para korban penyerbuan mematikan di sana tepat setahun yang lalu.

Baca Juga : Mengenal Suku Arfak dan Rumah Kaki Seribu

"Peristiwa itu terjadi usai pertandingan profesional di Kota Malang. Polisi menembakkan gas air mata setelah pendukung tim tuan rumah yang kalah menyerbu lapangan, menyebabkan penonton yang panik bergegas menuju pintu keluar. Seratus tiga puluh lima orang tewas," demikian laporan NHK World-Japan. 

Lebih lanjut, media Jepang tersebut juga menceritakan peringatan satu tahun Tragedi Kanjuruhan di Stadion Kanjuruhan pada Minggu (1/10/2023). Di mana beberapa orang menangis di depan pintu keluar sambil melihat foto para korban.

NHK World Japan pun menceritakan trauma mendalam salah satu penyintas Tragedi Kanjuruhan, yang mengaku baru kali pertama datang ke Stadion Kanjuruhan sejak kejadian. 

"Seorang pria yang terlibat dalam kepanikan tersebut mengatakan bahwa dia baru pertama kali datang ke lokasi tersebut sejak kejadian tersebut, dan hal ini memerlukan keberanian," tulis laporan NHK World Japan. 

Masih dari media di Jepang juga menceritakan jika tim pencari fakta pemerintah menyimpulkan bahwa penembakan gas air mata menjadi penyebab utama terjadinya desak-desakan yang mengakibatkan tingginya angka kematian. 

Baca Juga : Viral Polisi China Larang Pria Salat di Lokasi Asian Games 2023

"Petugas polisi dan ofisial tim tuan rumah dijatuhi hukuman penjara atas peran mereka dalam insiden tersebut," ungkap laporannya. 

NHK World Japan pun menyoroti kasus Tragedi Kanjuruhan dengan dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia Putra U-17 FIFA. Media Jepang tersebut meminta Indonesia memastikan pengelolaan ajang dunia itu aman.  

"Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Putra U-17 FIFA yang dimulai pada bulan November. Banyak orang yang menyuarakan perlunya memastikan pengelolaan acara besar yang aman," pungkas laporan NHK World Japan. 


Topik

Peristiwa tragedi kanjuruhan piala dunia u 17 media jepang 1 tahun tragedi kanjuruhan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Madiun Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Dede Nana