Jatim Times Network Logo
×

This is a floating div.

Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kuliner

Olahan Telur Bacem Batik Jadi Inovasi Baru Pelaku Usaha Mikro di Sidoarjo

Penulis : Nur Hidayah - Editor : Yunan Helmy

01 - Oct - 2023, 21:16

Placeholder
Olahan telur bacem batik yang banyak diminati wisatawan.

JATIMTIMES - Selain destinasi wisata sejarahnya, ternyata Sidoarjo juga memiliki segudang inovasi dari para pelaku usaha mikro yang masih belum terjamah secara keseluruhan di wilayahnya, seperti olahan telur pada umumnya yang biasanya kita jumpai di berbagai tempat makan.

Diketahui jika telur adalah salah satu bahan makanan sumber protein hewani dengan kandungan berbagai macam vitamin. Antara lain B12, B6, kolin, dan folat. 

Baca Juga : Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Sidoarjo Perkuat Jiwa Kebhinekaan

Kandungan nutrisi pada telur mampu mengatur suasana hati dan memori seseorang. Tak ayal jika satu butir telur mengandung 26 persen dari nilai kolin yang sangat  direkomendasikan untuk perempuan.

Tak ayal, olahan telur bacem sebelumnya terkenal di daerah Jawa Tengah. Namun berkat tangan kreatif dari salah satu usaha mikro ini mampu menciptakan telur bacem dengan motif batik.

Hayu, salah satu pelaku mikro di Sidoarjo, membuat inovasi produk telur menjadi olahan yang banyak diminati di kalangan anak sekolah hingga para orang tua.

"Awalnya hanya mencoba membuat berbagai olahan telur. Lalu motif batik saya pilih untuk jadi telur yang lucu dan unik. Ternyata banyak sekali peminatnya, tentunya di kalangan anak-anak. Juga para orang tua sebagai rekomendasi bekal makanan yang sehat" ungkapnya Minggu (1/10/2023).

Telur bacem batik ini,l terbuat dari bahan - bahan yang aman dikonsumsi. Motif batiknya berasal dari tumbuhan seperti daun dan bunga. 

Baca Juga : Dorong Pengelolaan Bank Sampah Lebih Efektif, Vokasi UB Sosialisasikan Aplikasi Bank Sampah di Desa Sengguruh

Hayu mengaku dirinya juga menggunakan pewarna alami yang aman juga jika dikonsumsi.  "Jadi, warna dari telur ini terbuat dari campuran kecap dan juga jika ingin warna yang lebih menarik bisa menggunakan kunyit atau daun suji supaya lebih bervariasi. Tentunya tidak memengaruhi rasa dari telur itu sendiri" imbuhnya.

Adapun jika omzet penjualan telur bacem motif batik ini meningkat hingga 30% dari penjualan sebelumnya. Selain motif batik, juga ada motif marmer dan motif lain sebagai pilihan. 

"Rata-rata pelanggan suka dengan motif batik. Katanya unik dan ada rasanya (tidak hambar) seperti telur rebus pada umumnya. Harganya pun terjangkau hanya Rp 15.000 saja untuk setiap porsinya," tutupnya.


Topik

Kuliner Telur bacem Sidoarjo telur bacem motif batik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Madiun Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nur Hidayah

Editor

Yunan Helmy