Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Darurat Kekeringan, Ini Antisipasi dan Upaya DPU SDA Kabupaten Malang

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Dede Nana

01 - Oct - 2023, 14:51

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PUSDA) Kabupaten Malang Farid Habibah saat ditemui di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Minggu (1/10/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PUSDA) Kabupaten Malang Farid Habibah saat ditemui di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Minggu (1/10/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPU SDA) Kabupaten Malang melakukan berbagai upaya untuk menghadapi darurat bencana kekeringan yang melanda Kabupaten Malang. 

Kepala Dinas PUSDA Kabupaten Malang Farid Habibah menyampaikan, untuk menghadapi darurat bencana kekeringan pihaknya telah mengatur pola tata tanam dari rekapitulasi data hujan yang dimiliki. Termasuk mempertimbangkan pola tata tanam secara global. 

Baca Juga : PAW Anggota DPRD Banyuwangi, Hasan Syafi’i Sah Gantikan Hasanuddin

Selain itu, pihaknya juga telah menyiagakan alat berat untuk sewaktu-waktu dapat digunakan untuk proses normalisasi aliran sungai maupun irigasi untuk kelancaran aliran air.

"Tempo hari yang di Ngantang ada apel kesiapsiagaan bencana. Otomatis terkait alat berat untuk melakukan normalisasi dan sebagainya itu kami akan maksimalkan. Normalisasi penting di saat seperti ini," ungkap Habibah usai mengikuti kegiatan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Minggu (1/10/2023). 

Karena menurutnya, beberapa persiapan yang dilakukan oleh Dinas PUSDA Kabupaten Malang bertujuan agar air dapat mengalir dengan lancar tanpa adanya hambatan. Termasuk mencegah terjadinya kebocoran-kebocoran air pada saluran irigasi maupun saluran air lainnya. 

"Karena saat ini air sangat berharga ya. Jangan sampai kekeringan ini berdampak pada produktivitas tanaman padi. Jadi kita melakukan normalisasi," tutur Habibah. 

Perempuan yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Pembangunan SDA Dinas PUSDA Kabupaten Malang ini mengatakan, selama ini pihaknya telah secara aktif melakukan normalisasi. 

Baca Juga : Rancang Strategi Urai Kemacetan, Dishub Kota Malang Kaji Arus Lalu-Lintas di 5 Kecamatan

"Normalisasi memang sudah berjalan. Tapi dengan adanya dampak kekeringan El Nino ini otomatis kita harus lebih intens melakukan normalisasi," kata Habibah. 

Lebih lanjut, terkait dengan kegiatan normalisasi, pihaknya mengatakan selain akan melakukan pemantauan secara berkala ke beberapa wilayah di Kabupaten Malang juga akan menunggu permintaan normalisasi dari jajaran anggota DPRD Kabupaten Malang hingga para kepala desa. 

"Kemudian juga berdasarkan teknokratik mana yang perlu dilakukan normalisasi. Kami akan sinergi dengan balai juga untuk melakukan normalisasi," pungkas Habibah.


Topik

Pemerintahan dpu sda kabupaten malang darurat kekeringan pemkab malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Madiun Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Dede Nana