Jatim Times Network Logo
×

This is a floating div.

Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Atlet Sambo Berprestasi Kota Malang dapat Beasiswa Studi dari Kampus Unisma

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

18 - Sep - 2023, 17:34

Placeholder
Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri MSi saat menyerahkan secara simbolis apresiasi berupa beasiswa studi kepada Songo Eka Sanjaya (Anggara Sudiongko/MalangTimes)

JATIMTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma) memberikan beasiswa kepada atlet berprestasi asal Kota Malang cabang Olahraga Sambo. Atlet yang mendapatkan beasiswa penuh dari Unisma tersebut adalah Songo Eka Sanjaya.

Wakil Rektor II Unisma H Noor Shodiq SE MM membenarkan bahwa Unisma memberikan beasiswa kepada atlet berprestasi tersebut. Secara simbolis, beasiswa tersebut diberikan dalam momen Rapat Senat Terbuka dalam rangka Orientasi Studi dan Kehidupan Kampus (Oshika) tahun 2023, Senin (18/9/2023). 

Baca Juga : Rayakan Ultah, PMI Kota Batu Gelar Donor Darah

Gus Shodiq, sapaan akrab WR II Unisma melanjutkan, bahwa hal ini merupakan awal untuk nantinya Unisma memberikan apresiasi yang istimewa terhadap atlet-atlet berprestasi lainnya. 

2

"Ini baru awal, nanti setelah ini saya dan Wakil Rektor III akan menemui Ketua KONI untuk berdiskusi lebih lanjut. Barangkali ada atlet berprestasi lainnya yang membutuhkan beasiswa untuk studi pendidikan tinggi. Tentu nanti juga akan kita ukur dari prestasi masing-masing," paparnya. 

Lebih lanjut Gus Shodiq menjelaskan, bahwa Songo atlet yang mendapat beasiswa ini sebetulnya sejak dulu sudah memiliki tekad yang kuat untuk menempuh studi pendidikan tinggi. Dan dulu, ia sudah sempat diterima pada salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kota Malang. Namun, dijelaskan Gus Shodiq bahwa yang bersangkutan saat itu masih terkendala biaya, sehingga ia pun kemudian urung untuk melanjutkan studinya.

"Dari situ, kemudian saya sampaikan kepada Pak Rektor Unisma (Prof Dr Maskuri MSi) dan pak Rektor Alhamdulillah mengapresiasi inisiasi ini.  Kemudian anak ini diberikan penghormatan dan apresiasi yang layak, makanya diberikan dalma prosesi OShika Maba," ungkapnya.

Kedepan, bukan hanya atlet ini saja yang mendapatkan apresiasi dengan bentuk beasiswa studi, tetapi atlet - atlet berprestasi lainnya yang mempunyai tekad yang kuat untuk melanjutkan studinya akan juga fasilitasi.

"Tidak hanya atlet dalam bidang olahraga, tapi juga seni dan sebagainya akan diberikan beasiswa," ujar pria yang juga inisiator Rumah Sedekah NU ini.

Untuk realisasinya, pihaknya menegaskan akan segera dilakukan pembahasan lebih lanjut. Dan tidak menutup kemungkinan, tahun ini juga masih terdapat peluang untuk realisasi pemberian beassi kepada atlet berprestasi lainnya.

"Secepatnya saya akan ketemu dengan Ketua KONI, nanti bisa jadi juga bertemu dengan beberapa cabor yang tidak melalui Porprov, tapi memang ada prestasi yang layak untuk diapresiasi," tutupnya.

Baca Juga : Sengketa Tanah, SMK Negeri 1 Kalianget Sumenep Disegel Ahli Waris, Ratusan Siswa dan Guru Lakukan Ini

Sementara itu, Songo Eka Sanjaya ditemui usai secara simbolis menerima beasiswa dari Rektor Unisma menyampaikan rasa syukur dan bahagianya atas beasiswa studi yang ia dapat. 

1

"Tentu senang sekali, setelah ini bisa kuliah. Kemarin setelah juara dapat emas, saya langsung dihubungi Gus Shodiq, ditawari beasiswa," jelasnya.

Usai ditawari beasiswa tersebut, Songo langsung menyampaikan kabar gembira ini kepada orangtuanya. Tentu, menjadi sebuah kebahagiaan bagi orangtua mendapatkan beasiswa studi secara penuh. 

Untuk itu, dikatakan Songo, jika orangtuanya pun langsung menyetujuinya. "Saya tanyakan ke orangtua, disetujui. Ketua Sambo juga suruh kesini," katanya.

Sebelum diberikan beasiswa ini, pada 2022 lalu, usai ajang Porprov, Songo mengaku memang telah masuk salah satu PTN melalui jalur prestasi. Tetapi, saat itu, beasiswa yang diberikan kampus tidaklah penuh. Sehingga, masih ada tanggungan biaya yang harus ia bayar untuk dapat menempuh studi. 

"Dari situ saya tidak jadi kuliah, karena terkendala biaya.  Dan yang jelas saat ini saya sangat bersyukur bisa mendapatkan beasiswa di Unisma," pungkasnya.


Topik

Pendidikan unisma beasiswa atlet cabor sambo kota malang beasiswa unisma



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Madiun Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana