Jatim Times Network Logo
×

This is a floating div.

Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Hukum dan Kriminalitas

Viral, Modus Baru Penipuan WhatsApp dengan Fitur "Block", Begini Penjelasannya

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Yunan Helmy

18 - Sep - 2023, 11:30

Placeholder
Tangkapan layar WA diduga modus penipuan dengan fitur Block. (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Belum lama ini sempat viral modus penipuan baru untuk menyadap data pribadi melalui aplikasi WhatsApp (WA). Modus tersebut dinarasikan dilakukan dengan cara menyematkan fitur block pada pesan WA, seperti diunggah akun X @heraloebss yang memposting video seorang pria mengenakan seragam polisi mengedukasi soal fitur block WA yang berisi link. 

Pria berseragam polisi dalam video itu meminta agar masyarakat tidak menekan tombol block. Sebab, di fitur block terdapat link yang akan merampok isi rekening. Menurut pria mengenakan seragam polisi tersebut, para penipu sudah mempelajari psikologi penerima chat WA. Jika dikirim pesan ada tombol 'block' dari nomor tak dikenal, akan terpancing untuk klik. "Jika mau mem-block, blokirlah melalui fitur block di aplikasi WA kita. Selalu waspada, berpikir sebelum bertindak," ungkap pria dalam video yang diunggah akun @heraloebss itu.

Baca Juga : Modus Baru Penipuan WhatsApp dengan Fitur "Block", Begini Penjelasannya

Lantas akun @heraloebss pun keheranan dengan video ulasan seorang pria berseragam polisi tersebut. "Katanya itu fitur WA terbaru. Namanya safety tools. Yang bisa menggunakan hanya user WA yang ikut daftar program beta. Yang bener yang mana? Mohon pencerahannya gus @ainunnajib buya @ismailfahmi mas @DudyRudianto @CCICPolri @ahriesonta @DivHumas_Polri," tulis akun tersebut. 

Alexander Marcel selaku digital content creator & engineering Meta untuk Facebook dan Instagram pun menanggapi fenomena viral tersebut. Menurut Marcel, yang beredar viral itu kemungkinan besar adalah fitur baru WhatsApp bernama Safety Tools. "Di mana kalau kita dihubungi nomor asing yang tidak ada di kontak kita dan tidak ada grup yang sama dengan kita, maka akan muncul warning seperti ini," jelas Marcel, melalui akun Instagram-nya. 

Menurut Marcel, fitur Safety Tools baru tersedia di WhatsApp Beta. Bahkan Marcel sudah mencoba sendiri dengan nomor yang tidak di-save di kontak. "Di Safety Tools ini juga dikasih reminder untuk selalu hati-hati dalam chat dan ada guide line-nya juga di sini," ungkap dia. "Jadi sebenarnya fitur ini membantu kita agar selalu waspada dan terhindar dari modus penipuan. Namun entah kenapa ada orang yang menyebarkan disinformasi dan fear seperti ini," jelas Marcel. 

Baca Juga : Heboh Pernyataan Gus Yusuf Soal Anies Baswedan Mondok 3 Tahun di Pabelan, Fuad Afif: Hanya Pesantren Kilat

Dia pun meminta agar masyarakat tidak ikut menyebarkan kabar yang tidak diketahui kebenarannya tersebut. "Gue pingin ingetin lagi, di zaman di mana informasi mudah didapat penting untuk kita hanya percaya dari sumber yang kredibel. Jangan sampai kita terlibat dalam penyebaran misinformasi," pungkas Marcel.


Topik

Hukum dan Kriminalitas Penipuan via WA modus penipuan WA



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Madiun Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Yunan Helmy