Jatim Times Network Logo
×

This is a floating div.

Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kuliner

Dua Daerah di Jawa Timur Masuk Daftar 100 Kota Kuliner Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

04 - Jun - 2023, 08:45

Placeholder
Surabaya di peringkat 94 dengan skor 4,36, dan Malang di peringkat 99 dengan skor 4,36. (foto: Instagram)

JATIMTIMES - Kuliner Indonesia masuk dalam daftar TasteAtlas, platform panduan online untuk makanan tradisional, ulasan kritikus makanan, serta artikel penelitian tentang bahan dan hidangan populer di Kroasia. 

Kali ini, ada 2 Kota di Jawa Timur yang turut masuk dalam jajaran kota terbaik di dunia untuk dicicipi makanan lokalnya. Yakni Surabaya dan Malang. Selain dua kota itu, ada juga wilayah lain di Indonesia yang masuk, yakni Jakarta, Yogyakarta, Bandung dan Padang. 

Baca Juga : Bupati Sidoarjo Apresiasi Delapan Atlet Sidoarjo Sabet Medali Emas SEA Games 2023

Melansir laman TasteAtlas, dalam daftar 100 kota kuliner lokal yang dirilis itu bukanlah kota dengan koki paling terkenal. 

"Ini bukan hidangan atau restoran yang akan membuat Anda mendapat paling banyak likes di Instagram. Ini bukanlah tempat bagi mereka yang memiliki uang untuk menjauh dari semua orang biasa," tulis TasteAtlas. 

"Kami menggabungkan rata-rata peringkat hidangan lokal dan regional terbaik yang disajikan di kota tertentu, peringkat rata-rata hidangan nasional yang disajikan di kota itu, dan peringkat rata-rata Google untuk restoran tradisional terbaik di kota itu," demikian Taste Atlas.

Berdasarkan perhitungan itu, Jakarta berada di peringkat 14 dengan skor 4,56. Salah satu masakan yang tidak bisa dilewatkan sekalipun sudah pernah dicoba adalah nasi goreng. 

"Aspek unik dari kancah kuliner Jakarta adalah maraknya restoran Padang, yang menyajikan berbagai macam hidangan dari Sumatra Barat dalam suasana bergaya prasmanan," demiikian tulisan TasteAtlas. 

Selain itu, pihak TasteAtlas juga mengatakan kerak telor, jalanan pinggir jalan yang terbuat dari beras ketan, telur, dan rempah-rempah adalah contoh rasa luar biasa lain yang berasal dari beberapa bahan lokal yang dipilih dengan cermat. 

Berikut ini rekomendasi makanan lokal Jakarta: 

- soto betawi

- gado-gado

- sate 

- nasi uduk

- bubur ayam

Sementara tempat-tempat makan ikoniknya adalah sebagai berikut:

- Retoran 1945

- Rumah Makan Marannu

- Bubur Ayam Barito

- Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

- Sate Khas Senayan

Kemudian, ada Yogyakarta yang berada di peringkat 48 dengan skor 4,44 dengan makanan khasnya Gudeg. 

"Pemandangan kuliner lokal di Yogyakarta adalah pameran menarik dari masakan tradisional Jawa, disertai pasar jajanan kaki lima yang ramai," tulis TasteAtlas.  

Berikut ini rekomendasi kuliner lokal TasteAtlas di Yogyakarta 

- Jejamuran 

- Gudeg Yu Djum 

- Warung Kopu Klotok

- Gudeg Bu Hj Amad 

- Ayam Goreng Suharti

Selain Jakarta dan Yogyakarta, wilayah lain tidak ada deskripsi lebih lanjut lantaran berada di atas 50 besar. Di antaranya, Bandung berada di peringkat 80 dengan skor 4,37, Padang berada di peringkat 89 dengan skor 4,37, Surabaya di peringkat 94 dengan skor 4,36, dan Malang di peringkat 99 dengan skor 4,36. 


Topik

Kuliner TasteAtlas Jakarta Yogyakarta Malang Surabaya kuliner terbaik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Madiun Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri