Jaga Stabilitas di Selat Taiwan, Jepang dan AS Jalin Kerja Sama Perdamaian | Madiun TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Jaga Stabilitas di Selat Taiwan, Jepang dan AS Jalin Kerja Sama Perdamaian

Aug 05, 2022 18:55
Pertemuan Fumio Kishida dengan Nancy Pelosi dalam rangkaian kunjungan di Asia. (Foto: Kyodo via Reuters)
Pertemuan Fumio Kishida dengan Nancy Pelosi dalam rangkaian kunjungan di Asia. (Foto: Kyodo via Reuters)

JATIMTIMES - Jumat 5 Agustus 2022, situasi di Selat Taiwan masih  tegang karena latihan besar-besaran militer China. Hal itu imbas kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan. 

Dilansir dari BBC News, pada 4 Agustus otoritas China telah melucurkan beberapa rudal balistik ke daerah barat daya dan perairan timur Taiwan. Termasuk lima rudal masuk ke wilayah zona ekonomi eksklusif Jepang.

Baca Juga : Selangkanganmu Hitam? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Untuk itu, Amerika Serikat dan Jepang bekerja sama dalam menjaga perdamaian. Dijetahui, setelah kunjungan ke Taiwan, Ketua DPR AS Nancy Pelosi sedang berada di Jepang dalam menjalani lawatan terakhir dari rangkaian perjalanannya di Asia. 

Sebelumnya, dalam kunjungannya ke Taiwan, Nancy Pelosi memuji demokrasi Taiwan dan menjanjikan solidaritas. Tentunya hal ini membuat marah China dan memicu latihan militer yang menurut beberapa pengamat akan menjadi terbesar yang pernah dilakukan oleh China di Selat Taiwan, termasuk penembakan langsung di perairan dan di wilayah udara  sekitar negara pulau itu.

Lima rudal China yang mendarat di kawasan zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepan  membuat Tokyo mendorong protes keras melalui jalur diplomatik. Tokyo  sendiri merupakan sekutu terdekat AS. Tokyo juga mulai mengkhawatirkan kekuatan militer  China yang semakin kuat  di kawasan Indo-Pasifik. Dengan kondisi semacam ini, China dapat dengan mudah melakukan tindakan militer ke Taiwan.

Di Jepang, Pelosi bertemu dengan Perdana Menteri Fumio Kishida di kediaman resminya. Kishida mengatakan kedua sekutu akan bekerja sama untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan, jalur pelayaran utama.

Baca Juga : 10 Jenis Pangan Ini Disarankan dr. Zaidul Akbar Jika Ingin Menguatkan Fungsi Otak

"Saya telah memberi tahu Pelosi  bahwa rudal balistik China telah mendarat di dekat perairan Jepang, termasuk ZEE. Mengancam keselamatan dan keamanan nasional kami dan bahwa Jepang sangat mengutuk tindakan tersebut," ujar Kishida.

Pelosi tiba di Jepang setelah kunjungan ke Korea Selatan pada hari Kamis, di mana dia berjanji akan mendukung denuklirisasi Korea Utara. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Latihan militer China Selat Taiwan

Berita Lainnya