3 Negara Ini Warganya Habiskan Waktu 5 Jam Main Aplikasi | Madiun TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

3 Negara Ini Warganya Habiskan Waktu 5 Jam Main Aplikasi

Aug 04, 2022 13:40
Ilustrasi aplikasi (pixabay)
Ilustrasi aplikasi (pixabay)

JATIMTIMES - Pengguna internet di beberapa negara, salah satunya Indonesia, rata-rata menghabiskan waktu 4 sampai 5 jam sehari dalam penggunaan aplikasi. Hal ini sesuai data yang dirilis data.ai.

Dilansir dari data.ai (4/8/2022), 13 negara menunjukkan dominasi penggunaan aplikasi 4 sampai 5 jam tersebut. 13 negara tersebut yakni, Indonesia, Singapura, Brasil, Meksiko, Australia, India, Jepang, Korea Selatan, Kanada, Rusia, Turki, Amerika Serikat dan Inggris.

Baca Juga : Minim Perlindungan, Pemdes Sering Kali Dijadikan Obyek Hukum. Ini Faktanya

Namun, pada kuartal kedua 2022, tiga negara, yakni Indonesia, Singapura dan Brasil menjadi negara yang pengguna selularnya dalam sehari menghabiskan waktu 5 jam pada aplikasi.

Hal ini menurut data.ai wajar. Sebab, dua tahun sebelumnya, pandemi Covid-19 melanda, sehingga mengharuskan seseorang untuk melakukan kegiatan di rumah. Akan tetapi, lama durasi saat ini menurun jika dibandingkan pada kuartal kedua tahun 2020. 

Meski begitu, data ini tetap mengindikasikan bahwa efek pandemi masih dirasakan dalam kebiasaan sehari-hari pengguna internet. Bahkan di beberapa negara penggunaan aplikasi mobile masih meningkat secara signifikan pada kuartal kedua 2022.

Dicontohkan dalam laman data.ai, dalam dua tahun terkahir, tepatnya pada kuartal kedua 2020, pengguna internet di Singapura menghabiskan 4,1 jam di aplikasi. Namun durasi tersebut kini naik hingga 5,7 jam. 

"Di Australia, dari 3,6 jam naik menjadi 4,9. Keduanya mewakili kenaikan 40 persen (kuartal kedua 2022) dalam waktu yang dihabiskan," tulis dalam laman data.ai.

Baca Juga : Tingkatkan Layanan, BPJS Kesehatan Jalin Kerjasama dengan Kepolisian, Jasa Raharja dan Rumah Sakit

Selain itu, kenaikan juga terjadi di negara seperti Kanada 20 persen, Rusia, Jerman naik 10 persen, India, Jepang, Amerika dan China naik 5 persen.

Sementara itu, daftar aplikasi teratas ada Instagram, Facebook, Tiktok, WhatsApp dan Snapchat. Akan tetapi dari jumlah download, Instagram menduduki peringkat teratas.

Sedang untuk jumlah pengguna aktif, Facebook masih menjadi pemuncak peringkat. Kemudian diikuti oleh WhatsApp, Instagram, messenger dan TikTok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pengguna Internet

Berita Lainnya