Terjerat Kasus Berita Bohong, Habib Hanif Alatas Resmi Bebas dari Penjara | Madiun TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Terjerat Kasus Berita Bohong, Habib Hanif Alatas Resmi Bebas dari Penjara

Jan 25, 2022 09:27
Habib Hanif Alatas. (Foto: source google).
Habib Hanif Alatas. (Foto: source google).

JATIMTIMES - Habib Hanif Alatas, sosok menantu Habib Rizieq Shihab, resmi bebas dari penjara. Kabar bebasnya Habib Hanif dari Rutan Mabes Polri dibenarkan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo lewat keterangannya, Selasa (25/1/2022).

Ia menyebut, Hanif resmi dibebaskan pada Senin kemarin dan dalam kondisi sehat. Hal itu mengacu pada Surat Lepas Nomor: W10..PAS.PAS10.PK.05.05.12-574 tanggal 24 Januari 2022 Jo Surat Keputusan Menkumham Nomor: PAS-24.PK.01.01.02 TAHUN 2022, tanggal 21 Januari 2022.

Baca Juga : Ketua DPD Golkar Jatim Serahkan Bantuan Renovasi Tempat Ibadah dan MCK Portable

"Pada hari Senin tanggal 24 Januari 2022, pukul 17.05 WIB, dalam keadaan baik, sehat, aman, lancar dan kondusif, dari Rutan Cabang Mabes Polri telah dilepaskan/dibebaskan narapidana (Habib Hanif) karena masa pidananya telah habis dijalankan, atas nama Muhammad Hanif Alatas," ujar Dedi.

Kabar bebasnya Hanif juga telah disampaikan oleh pengacaranya Ichwan Tuankotta. Setelah bebas, Hanif dikatakannya langsung menuju Bogor. Namun tak dijelaskan lebih lanjut mengenai kegiatan yang bakal dijalaninya.

"Sudah bebas. Beliau langsung ke Markas Syariah Megamendung," ujarnya.

Sebelumnya, Habib Hanif Alatas divonis hukuman satu tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Timur dalam kasus penyebaran berita bohong hasil tes swab di RS Ummi, Bogor, Jawa Barat.

Hanif sempat mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dan kasasi ke MA terkait putusan PN Jaktim tersebut. PT DKI menolak permohonan banding Habib Rizieq Syihab dkk.

Hasilnya, Habib Rizieq tetap divonis 4 tahun penjara. Selain itu, menantu Rizieq, Habib Hanif Alatas, tetap divonis 1 tahun terkait kasus swab RS Ummi Bogor.

Baca Juga : Babak Baru Kasus Investasi Bodong di Lamongan, 50 Korban Laporkan Reseller ke Polisi

Hanif dinyatakan bersalah menyebarkan berita bohong terkait hasil tes swab dalam kasus RS Ummi, Bogor, hingga menimbulkan keonaran bersama-sama Habib Rizieq.

Hakim menyebut pernyataan Habib Rizieq, Hanif Alatas, dan Dirut RS Ummi dr Andi Tatat yang menyatakan kondisi Habib Rizieq baik-baik saja, padahal positif Corona, telah menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

Menurut hakim, video yang disiarkan RS Ummi masuk ke dalam kategori keonaran. Ketiganya dinyatakan hakim bekerja sama menyebarkan berita bohong terkait kondisi Habib Rizieq.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
habib hanif alatas Habib Rizieq

Berita Lainnya