Bukan untuk Makam, Ternyata ini Tujuan Dibuatnya Piramida oleh Fir'aun | Madiun TIMES

Bukan untuk Makam, Ternyata ini Tujuan Dibuatnya Piramida oleh Fir'aun

Jan 06, 2022 13:38
Ilustrasi Piramida (pixabay)
Ilustrasi Piramida (pixabay)

JATIMTIMES - Mesir merupakan salah satu negara yang mempunyai keajaiban dunia. Lewat Piramida, negara tersebut banyak menarik wisatawan dari berbagai belahan dunia untuk melihat bangunan berbentuk limas segiempat itu.

Kabarnya, raja-raja dan bangsawan Mesir ketika meninggal tidaklah dikuburkan. Mereka diawetkan dan disimpan bersama harta kekayaannya dalam sebuah Piramida. Piramida sendiri dalam proses pembangunannya menjadi misteri. Pasalnya, saat itu teknologi untuk mengangkat batu-batuan besar belum ditemukan. Hal itu membuat pernyataan banyak pihak, bagiamana bisa mengangkat batu-batu besar dan menyusunnya sedemikian rupa.

Baca Juga : Nonton Final MotoGP Bonus Plesiran Bali-Lombok, Yuk Buruan Ikut Promonya

Seperti salah satunya, bangunan Piramida Agung Giza yang dibangun dinasti ke 4 oleh Fir'aun Kufu. Piramida tersebut dibangun dengan konstruksi lebih dari 2 juta balok batu yang beratnya mencapai berton-ton. Namun terlepas dari itu, lantas apa tujuan sebenarnya dalam pembuatan Piramida?, Dan apakah dibuatnya Piramida memang untuk makam para raja?.

Dari Taffakur Fiddin, dijelaskan bahwa dalam berita ilmiah yang diterbitkan pada Journal of America Ceramic Society, para ilmuwan mengonfirmasi, bahwa Fir'aun, membangun berbagai monumen yang tinggi, menggunakannya tanah liat, termasuk Piramida.

Ilmuwan berpendapat, tidak mungkin mengangkat batuan besar yang begitu berat pada saat itu. Karena itu, Fir'aun menggunakan batu alam untuk membuat dasar dan kemudian mengunakan batu lumpur yang dibakar. 

Al Qur'an telah menjelaskan, tujuan utama pembangunan piramida, bahkan hingga bahan yang digunakan untuk membangun.

Sebagaimana dalam surat Al Qashash ayat 38, Piramida bukanlah untuk makam.  "Allah SWT berfirman, "Dan berkata Fir'aun : "Hai pembesar kaum ku, aku tidak mengetahui Tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah hai haman untukku tanah liat, kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa dan sesungguhnya aku belum yakin bahwa dia termasuk orang-orang yang pendusta".

Baca Juga : Selain Gunung Kawi, Gunung Mujur di Malang Diyakini Bisa Bawa Kemujuran

Dalam ayat ini disebutkan, bahwa tujuan Firaun membuat sebuah bangunan tinggi dari tanah liat tersebut adalah untuk melihat Tuhan Nabi Musa ke langit. Ia ingin membuktikan, benar tidaknya di atas sana terdapat Tuhannya Nabi Musa atau tidak.

Dalam ayat tersebut, juga terdapat sepenggal ayat yang mengatakan, "Maka bakarlah Hai Haman untukku tanah liat, kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi." Dalam ayat ini disebutkan secara lugas bahwa asal pembuatan bangunan yang saat ini dikenal dengan piramida disebutkan Al-Qur'an terbuat dari tanah liat yang dibakar. 

Ini satu hal keajaiban yang terkuak oleh sains abad modern. Bagaimana mungkin Al Qur'an yang diturunkan 14 abad yang lalu bisa menyebutkan secara eksplisit pembuatan Piramida. Rasulullah SAW pun tak pernah ke Mesir atau menyaksikan piramida secara langsung. Beliau pun tak pernah tahu bahwa di Mesir ada bangunan besar bernama Piramida, selain apa yang diwahyukan kepadanya. Hal ini membuktikan, Alquran adalah wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada Rasul bernama Muhammad SAW.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pembangunan piramida bangunan piramida bangsawan mesir firaun Rasulullah SAW bangsawan mesir

Berita Lainnya