Mengintip Kerja Relawan Pemilah Baju Bekas untuk Korban Erupsi Gunung Semeru di Posko Penanggal Lumajang | Madiun TIMES

Mengintip Kerja Relawan Pemilah Baju Bekas untuk Korban Erupsi Gunung Semeru di Posko Penanggal Lumajang

Dec 10, 2021 07:49
Sebagian relawan pemilah baju bekas di Posko Penanggal
Sebagian relawan pemilah baju bekas di Posko Penanggal

JATIMTIMES - Kalau ada datang ke Posko di Kantor Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, anda akan bertemu dengan sejumlah pekerja sosial, yang secara khusus bertugas memilah baju-baju bekas yang disumbangkan bagi pengungsi erupsi Gunung Semeru.

Ternyata ribet juga pekerjaan ini. Karena para relawan ini harus membaginya dulu menjadi baju anak, baju bayi, baju remaja, baju pria dan katageri lainnya.

Baca Juga : Pandemi Bukan Penghalang, Pemkab Lamongan Kembali Raih Peringkat 2 Nasional Pencegahan Korupsi 

 

Setelah itu masih harus dipilah lagi, menjadi celana pendek, celana panjang dan jenis pakaian lainnya. Yang paling banyak variasinya adalah baju untuk perempuan, mulai dari daster, sarung, kerudung, dan aneka baju lainnya.

Setelah selesai memilah baju-baju tersebut baru dikemas dalam satu box dan diberi tulisan sesuai dengan kategorinya.

"Kalau sudah dipilah begini membaginya mudah Pak. Butuh daster tinggal ambil, butuh celana pendek tinggal ambil, begitu dengan jenis pakaian lainnya," kata salah seorang dari mereka.

Tampak sejumlah perempuan muda terus bekerja memilah baju dari pagi hingga sore, bahkan sampai malam hari.

"Saya dari pagi sampai jam tiga sore. Setelah jam tiga sore saya pulang karena harus memandikan anak saya di rumah. Yang sore sampai malam ada sendiri," jelas para pemilah baju ini.

Selain harus memilah baju sesuai dengan berbagai kategori tersebut, para pemilah baju ini juga menyortir baju-baju tersebut sesuai dengan kualitasnya. Kalau baju yang benar-benar kusut atau sobek, biasanya disendirikan.

"Karena bajunya banyak, kita pilah yang bagus yang kurang layak kita sendirikan. Yang sobek-sobek dan kusut kita sendirikan. Tapi nanti tetap kita bagikan," jelasnya.

Baca Juga : Heboh Ulama Sampang Sebut Habib Muhdlor Diusir Warga Sebelum Erupsi Semeru, Ternyata ini Fakta Terbarunya 

 

Selain sejumlah wanita yang bertugas memilah baju-baju tersebut, ada juga sejumlah pria yang bertugas mengangkut sumbangan baju yang masih dikemas dalam karung.

"Hari ini kita dibantu anggota Banser yang mengambil baju-baju dalam karung itu. Karena agak berat, kalau perempuan seperti kami nggak kuat," ujarnya kemudian.

Yang pasti para relawan pemilah baju ini bekerja secara suka rela, sejak baju-baju tersebut datang ke pengungsian.

Para relawan ini menyebut untuk sumbangan dalam bentuk baju bekas dinilai sudah cukup banyak yang ada di Posko Penanggal.

“Banyak sekali Pak di sini, mungkin sudah cukup untuk saat ini,” urainya lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pemilah baju bekas posko penanggal Letusan Semeru Lumajang bantuan semeru relawan semeru Berita Lumajang hari Ini Bantuan untuk korban Semeru

Berita Lainnya