3 Tanda Kiamat Sudah Muncul di Makkah, Pertanda Akhir Zaman Sudah Dekat? | Madiun TIMES

3 Tanda Kiamat Sudah Muncul di Makkah, Pertanda Akhir Zaman Sudah Dekat?

Oct 07, 2021 08:57
Ilustrasi kiamat (Ist)
Ilustrasi kiamat (Ist)

JATIMTIMES - Dalam Islam, terdapat enam rukun iman yang wajib dipercayai. Pertama iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman Al Qur'an, iman kepada rasul dan iman kepada hari kiamat serta imam kepada Qadha dan Qadar.

Pada rukun iman kelima, disebutkan tentang iman kepada hari kiamat. Berbicara mengenai hari kiamat, hanya Allah SWT yang maha mengetahui kapan kiamat akan terjadi. Namun, sebagai khalifah di bumi, manusia diberikan mandat bukan untuk menunggu kapan waktu tersebut tiba.

Baca Juga : Tips Styling Celana Curduroy, Gaya Vintage nan Stylish Untuk Acara Resmi hingga Hangout 

 

Umat muslim diajarkan untuk mengisi hari-harinya dengan amal ibadah serta taqwa kepada Allah sampai hari kiamat.  Meskipun tidak ada seorang manusia pun yang mengetahui kapan terjadinya kiamat, namun dalam beberapa hadits telah menjelaskan bagaimana tentang tanda-tanda hari kiamat.

Bahkan, tanda-tanda tersebut sudah muncul di depan mata. Terdapat setidaknya tiga tanda-tanda yang pernah disabdakan Rasulullah yang kini sudah muncul di Kota Suci Makkah.

Dari Ensiklopedia Al Fatih, dijelaskan, bahwa tanda yang pertama adalah berdirinya bangunan tinggi di Makkah. diriwayatkan oleh hadis Bukhari Muslim, "akan tetapi aku akan menyebutkan kepadamu tanda-tandanya (lalu beliau menyebutkan diantaranya) jika para penggembala kambing berlomba-lomba meninggikan bangunan, maka itulah diantaranya tanda-tandanya".

Maksud dari hadist shahih tersebut, bisa dilihat bagaimana Kota Makkah kini telah banyak berdiri bangunan tinggi dimana-mana. Dan itu menjadi tanda-tanda kiamat semakin dekat.

Tanda kedua, adalah gunung di Kota Mekah berlubang. Ibnu Syibah meriwayatkan dengan Sanadnya kepada Ya'lq IBN Atha' dari ayahnya, dia berkata, " Pada suatu hari cuma aku menuntun tali kekang unta Abdullah ibn Amr, lalu beliau berkata, "bagaimana pendapat kalian jika kalian anjurkan Ka'bah dan tidak menyelesaikan batu yang masih menumpuk ?. Mereka menjawab oleh kita yang beragama Islam ?".

Kemudian beliau menjawab, "benar, kalian yang beragama Islam. Seseorang bertanya, "lalu apa lagi ?. Kemudian beliau menjawab, " kemudian ia akan dibangun dengan yang lebih bagus darinya. apabila kalian telah melihat gunung-gunung di Mekkah mulai berlubang dan bangunan-bangunan nya menjulang tinggi melebihi pegunungan, maka ketahuilah bahwa kiamat telah dekat".

Baca Juga : Polisi Klaim Peristiwa Berdarah di Bangkalan Akibat Laka Lantas, Keluarga Korban Mengaku Janggal  

 

Di Kota Makkah dan Madinah, sekarang sudah banyak gunung-gunung yang berlubang dengan bentuk terowongan. Sejak pembangunan besar-besaran oleh dinasti Saud, Makkah dijuluki sebagai Kota terowongan karena memiliki ratusan terowongan. Pada 2011, Kota Makkah telah membuat 55 terowongan melalui pegunungan dan sejumlah ruas jalan.

Dan tanda-tanda yang ketiga adalah, bayangkan Ka'bah tak lagi nampak. Rasulullah pernah menjelaskan kepada sahabatnya, bahwa kiamat akan terjadi jika As Sa'ah telah memenangkan bayangannya sehingga bayangan Ka'bah tidak akan tampak. As Sa 'ah sendiri merupakan salah satu kata kiasan untuk kiamat. Dan dalam bahasa Arab, As Sa'ah berarti adalah jam.

Karena itu, bisa saja kiamat akan terjadi jika bayang menara jam telah menutupi Ka'bah, sehingga bayangan Ka'bah tak lagi lagi nampak. Terlebih lagi saat ini bayang-bayang menara jam dari hotel Royal Clock Tower Mekah memang sudah menutupi Ka'bah.

Topik
rukun iman Hari kiamat Tanda Tanda Kiamat sabda Rasulullah SAW

Berita Lainnya