Kisah Pria yang Seumur Hidupnya Belum Pernah Salat dan Sujud pada Allah, Tapi Masuk Surga | Madiun TIMES

Kisah Pria yang Seumur Hidupnya Belum Pernah Salat dan Sujud pada Allah, Tapi Masuk Surga

Oct 06, 2021 09:43
Ilustrasi pria yang sedang salat (Foto: Istimewa)
Ilustrasi pria yang sedang salat (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Dalam berbagai riwayat, Rasulullah SAW menyampaikan, jika Allah SWT menjanjikan surga bagi umat muslim yang taat menjalankan ibadah. Salah satu ibadah tersebut adalah, salat lima waktu dan juga meninggalkan semua keburukan dan larangan Allah.

Akan tetapi, Rasulullah pernah menunjukkan seorang laki-laki yang selama hidupnya belum pernah melakukan salat dan bersujud kepada Allah, tapi ia masuk kedalam surga.
Kisah tersebut menimpa seorang laki-laki yang baru saja masuk Islam dalam peristiwa Perang Khaibar.

Baca Juga : Predator Seksual Reynhard Sinaga Dihajar Sebelum Dibui hingga Pengakuan Korban yang Sempat Koma

Dalam perang tersebut, Rasulullah bersama 1399 pasukan muslim akan mengepung benteng pertahanan kaum Yahudi. Selama 40 hari orang tersebut memperhatikan kaum muslim menyerang Kaum Yahudi. Hingga akhirnya, kaum muslim kemudian menggunakan pertempuran tersebut.

Setelah para pasukan memetik kemenangan atas pertempuran, laki-laki tersebut kemudian datang dan bertanya tentang Agama apa yang dibawa umat muslim tersebut. Para sahabat pun kemudian bercerita tentang Islam. Laki-laki tersebut kemudian tertarik dan menyatakan ingin masuk ke dalam Islam.

Kemudian laki-laki itu diarahkan menuju Rasulullah, yang saat itu Tengah pembagian harta rampasan perang.pria tersebut kemudian berkata depan Rasulullah, "Ya Rasulullah SAW, saya orang Arab dari suku Baduy yang tertarik dengan ajaran Islam. Saya ingin masuk Islam,".

Rasulullah kemudian jawab, "baiklah" dan kemudian Rasulullah membimbing orang tersebut untuk mengucapkan kalimat syahadat. Rasulullah kemudian berkata kepada sahabat yang membantu membagikan harta rampasan tersebut. Sebab, laki-laki tersebut telah masuk Islam dan berada di area peperangan.

Mendengarkan kebaikan Rasulullah, laki-laki yang baru masuk Islam tersebut mengatakan jika ia masuk Islam bukan karena harta. "Ya Rasulullah, saya masuk Islam bukan karena ini saya sudah terbiasa hidup susah di padang pasir saya tidak mau harta. Saya mendengar teman-teman Anda berkata jika kalian datang ke sini untuk mati dan masuk surga. Dibunuh orang kafir dan masuk surga, apakah benar Ya Rasulullah ?".

Rasulullah kemudian menjawab, "iya benar". Laki-laki tersebut kemudian menjawab, "kalau begitu ya rasulullah, yang saya inginkan hanya satu saja. Panah orang Yahudi itu karena di sini dan tembus di sini" kata laki-laki tersebut sembari menunjuk dada kirinya.

Mendengar hal tersebut Rasulullah SAW, "berkata kalau kamu jujur dan tulus, maka Allah akan berikan itu" jawab Rasulullah. Akhirnya, ia kemudian bergabung dengan pasukan muslim. Saat itu pasukan berupaya merebut benteng kedua kaum Yahudi.

Baca Juga : Novel Baswedan Beber 8 Orang Dalam Azis Syamsuddin di KPK, Dewas Beri Bantahan

Saat itu kaum Yahudi menerapkan serangan anak panah ke arah pasukan muslim. Panah yang dilemparkan oleh kaum Yahudi, kemudian mengenai laki-laki tersebut tepat di mana lokasi ia menunjuk sebelumnya. Rasulullah pun kemudian sempat melihat laki-laki tersebut meninggal dunia, sedangkan pasukan lainnya masih dilindungi dengan perisai. 

Rasulullah kemudian berkata," apakah dia orang yang baru masuk Islam ?". Pertanyaan tersebut kemudian dijawab oleh para sahabat, "iya ya Rasulullah ". Rasulullah kemudian berkata, "subhanallah, maha suci Allah yang membenarkan janjinya. Dia baru saja minta dan langsung diberi dengan titik yang ditunjuk".

Rasulullah berkata lagi, "siapa yang ingin melihat penghuni surga dan belum pernah melakukan sujud sama sekali, inilah orangnya". Orang tersebut mati syahid dalam kondisi baru saja masuk Islam dan belum melaksanakan ibadah, seperti salat dan lain sebagainya. 

"Ingatlah sesungguhnya surga seseorang diantara kalian lebih dekat daripada tali sendalnya. Adzan salat, bakti kepada orang tua dan beramal baik. Dan ingatlah, seseorang diantara kalian lebih dekat dengan neraka daripada tali sendalnya" kata Rasulullah.

Topik
Rasulullah SAW Kisah Sahabat Rasulullah Perang Khaibar Sahabat Rasulullah

Berita Lainnya