Golongan Kekasih Allah SWT yang Dijamin Mendapat Rahmat-Nya | Madiun TIMES

Golongan Kekasih Allah SWT yang Dijamin Mendapat Rahmat-Nya

Sep 19, 2021 09:14
Ilustrasi. (Foto: Source google).
Ilustrasi. (Foto: Source google).

JATIMTIMES - Menjadi seorang muslim yang taat tentu amat diinginkan. Soalnya, banyak hal yang didapat, termasuk mendapat rahmat Allah SWT. Bahkan, orang-orang inilah yang masuk dalam golongan kekasih Allah SWT.

 Siapa mereka? Yakni, mereka yang tergolong dalam dua bagian ini. Di antaranya, al-muqtashid (orang yang sedang-sedang) dan assabiquna bil khairat (orang yang bersegera berbuat kebajikan).

Dikutip dari berbagai sumber, dalam hadis Qudsi, Rasulullah SAW bersabda bahwa Allah SWT berfirman "Tidaklah hamba-Ku mendekatkan dirinya kepada-Ku dengan sesuatu yang paling dicintainya dari apa yang telah Aku wajibkan kepadanya. Dan tidak henti-hentinya hamba-Ku mendekatkan dirinya kepada-Ku dengan sesuatu yang sunnah sehingga Aku mencintainya. Dan jika Aku telah mencintainya, maka Aku menjadi pendengarannya yang dengannya ia mendengar, penglihatannya yang dengannya ia melihat, tangannya yang dengannya ia menampar, kakinya yang dengannya ia berjalan, jika ia meminta kepada-Ku, sungguh Aku akan memenuhi permintaanya dan jika ia meminta perlindungan-Ku, sungguh Aku akan melindunginya." (HR Bukhari) 

Pengertian al-Muqtashid  adalah mereka yang merasa cukup dengan melaksanakan segala kewajiban yang telah dibebankan Allah SWT kepadanya (ibadah mahdah) dan menjauhi dosa-dosa besar. 

Sementara assabiquna bil khairat adalah mereka yang tidak puas hanya dengan melaksanakan kewajiban yang telah diwajibkan Allah SWT kepadanya. Tapi juga ingin bersegera meraih kedekatan Allah SWT dengan melaksanakan ibadah yang sifatnya sunah, menjauhi dosa-dosa besar, dan meninggalkan yang makruh.  

Dikisahkan, ada salah seorang pemuda mendatangi Rasulullah SAW dan berkata, "Wahai Rasulullah, aku ingin bersamamu di surga kelak."

Rasulullah SAW menjawab, "Apa ada hal lain yang kamu inginkan?" Pemuda itu berkata, "Hanya itu yang aku inginkan." 

Akhirnya Rasulullah SAW berkata, "Kalau demikian, bantulah aku agar dapat menolongmu dengan memperbanyak sujud." (HR Muslim, Abu Daud, dan Nasai).

Dalam hal ini dijelaskan, sebagai seorang muslim yang ingin masuk golongan kekasih Allah SWT, maka perlu membekali diri dengan ibadah sunah sehingga akan mendapatkan cinta dari Allah SWT dan dimasukkan ke dalam surga-Nya.

Ibadah-ibadah sunah itu amat banyak, baik yang berbentuk salat, puasa, zikir dan sedekah. Setiap orang Islam pasti mengetahui perkara yang membawa nilai manfaat pada dirinya dan yang dapat melembutkan hatinya.  

Para kekasih Allah SWT adalah mereka yang senantiasa menjaga ibadah sunnah, senang berpuasa, gemar melaksanakan salat dhuha dan tidak pernah lupa memanjatkan doa kepada Allah SWT di keheningan malam setelah qiyamul lail.  

Topik
Kekasih Allah SWT Rahmat Allah SWT kajian islam

Berita Lainnya