Hari Jadi Ke-103 Kota Madiun, Mendagri Tito Beri Apresiasi | Madiun TIMES

Hari Jadi Ke-103 Kota Madiun, Mendagri Tito Beri Apresiasi

Jun 20, 2021 08:23
Foto: Screenshots IG Pemkot Madiun.
Foto: Screenshots IG Pemkot Madiun.

MADIUNTIMES - Hari jadi ke-103 Kota Madiun yang jatuh pada  20 Juni 2021 ini mendapat perhatian dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhamad Tito Karnavian. Tito  memberikan ucapan selamat kepada kota yang terkenal dengan sebutan Kota Pendekar tersebut.

Ucapan selamat hari jadi untuk Pemkot Madiun dari Tito tersebut diunggah oleh akun Instagram @pemkotmadiun_. Dalam unggahannya tersebut, Tito mengucapkan selamat untuk Kota Madiun yang genap berusia 103.  Tito juga berharap momen itu bisa dijadikan motivasi untuk meneruskan semangat juang serta dedikasi dan pengapdian kepada masyarakat.

Baca Juga : Saat Disiksa, Karyawan Mengaku sempat Disundut Rokok Bos The Nine House

 "Selamat hari jadi ke-103 untuk Kota Madya Madiun. Momen ini saya berharap bisa dijadikan motivasi untuk meneruskan semangat juang serta dedikasi dan pengabdian kepada masyarakat," ungkap Tito.

Selain itu, Tito mengajak  Pemerintah Kota Madiun di usia yang sudah dewasa dan cukup matang sebagai daerah otonom. Menurut dia, Pemkot Madiun memiliki daya saing dalam memberikan pelayanan publik kepada warga masyrakat. "Mari jadikan Kota Madiun memiliki daya saing dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat," tambah mantan kapolri itu.

Tito juga berharap Kota Madiun jadi barometer pembangunan perekonomian di Jawa Timur karena letak Kota Madiun yang  strategis karena letaknya pada jaringan simpul jalan yang regional yang menghubungkan jalan-jalan di Jawa Timur dengan daerah di Jawa tengah.

Menurut Tito letak Kota Madiun yang strategis tersebut mempunyai keunggulan tersendiri. "Letak geografis yang strategis karena terletak pada simpul jaringan jalan yang menghubungkan daerah-daerah di Jawa Timur dengan daerah di Jawa Tengah ini mempunyai keunggulan tersendiri. Dengan demikian, maka akan menjadikan simpul perekonomian di Jawa Timur," jelas dia.

Apa lagi Kota Madiun memiliki Industri pengolahan makanan dan minuman yang cukup terkenal. Itu menjadi nilai tambah tersendiri bagi kota yang juga punya julukan Kota Gadis tersebut.

 "Dengan adanya industri-industri yang lain seperti industri pengolahan makan yang cukup terkenal seperti brem, madu mongso, adanya Pabrik Gula Rejoagung, serta lokasi Industri Kereta Api (INKA) ini juga menjadi nilai lebih tersendiri bagi Kota Madiun," ungkapnya.

Baca Juga : Blusukan Naik Motor Gaya Dilan, Bupati Pamekasan Keliling Kelurahan

Tito juga mengingatkan di hari jadi Kota Madiun  selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan menerapkan 5M. Itu karena semua sedang menghadapi pandemi covid-19 yang tidak hanya menyerang kesehatan namun juga perekonomian. 

 "Selanjutnya pada peringatan hari jadi Kota Madiun ini saya juga mengingatkan bahwa kita sedang menghadapi pandemi yang merupakan krisis global yang tidak hanya merupakan krisis kesehatan tapi juga menekan aktivitas ekonomi, kontraksi keuangan, serta masalah-malasah sosial seperti pengangguran dan lain-lain," ungkap Tito

Tito berharap terobosan kreatif dari Pemerintah Kota Madiun, sinergitas dari pihak eksekutif ataupun legislatif dan semua pihak di Kota Madiun bisa menjadi model bagi pemerintah daerah lain terkait pengendalian covid-19 serta pemulihan ekonomi.

 "Saya sangat berharap banyak terebosan-terobosan kreatif dari pemerintah baik eksekutif maupun legislatif maupun semua pihak yang ada di Kota Madiun dapat mengendalikan pandemi covid-19 dan pemulihan ekonomi ini akan menjadi model bagi kota-kita lain, kabupaten lain bukan hanya di Jawa Timur, namun seluruh Indonesia," tutup Tito.

Topik
HUT Kota Madiun Mendagri Tito Karnavian Kota Madiun

Berita Lainnya