Mengabdi tanpa Batas, Bupati Pamekasan Mas Tamam Antarkan Makanan dan Suapi Lansia | Madiun TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Mengabdi tanpa Batas, Bupati Pamekasan Mas Tamam Antarkan Makanan dan Suapi Lansia

Jun 15, 2021 13:55
Bupati Pamekasan saat menyuapi Rukmiyati warga Pajagalan, Kelurahan Barurambat kota Pamekasan (Foto: Ist/Jatimtimes.com)
Bupati Pamekasan saat menyuapi Rukmiyati warga Pajagalan, Kelurahan Barurambat kota Pamekasan (Foto: Ist/Jatimtimes.com)

PAMEKASANTIMES - Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelontorkan dana Rp 4 miliar untuk program Bupati Peduli Lansia Tahun 2021.

Program peduli lansia tersebut untuk memberi jatah makan bergizi dua kali sehari kepada ratusan Lanjut Usia (Lansia) di Pamekasan yang hidup sebatangkara, lansia tidak produktif serta lansia yang tidak memiliki penghasilan.

Baca Juga : Tingkatkan Kesadaran Pengusaha, DLH Kota Malang Sosialisasi Aturan Pengelolaan Lingkungan Hidup 

Mengawali program tersebut, Pemkab Pamekasan telah memulai dengan memberikan bantuan makanan rutin kepada 400 Lansia di 13 Kecamatan. Salah satunya diantarkan langsung oleh Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dengan menggunakan sepeda motor lengkap dengan rombongannya.

Bahkan dalam kesempatan tersebut, Bupati yang akrab disapa Mas Tamam itu menyuapi Rukmiyati (65) warga Pajagalan, Kelurahan Barurambat Kota, Kecamatan Pamekasan yang sudah sepuh seraya mendoakan agar senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT.

"Saya merasa seperti ibu sendiri, nyuapin orang sepuh itu bukan hanya sekarang. Terutama kepada umi saya di rumah," kata Bupati Pamekasan saat ditanya oleh wartawan PamekasanTIMES, Selasa (15/06/2021)

Menurutnya, program yang dirancang dengan memberi jatah makan dua kali sehari kepada para lansia tersebut setelah mendapat informasi dari masyarakat tentang banyaknya lansia yang tidak mendapat perhatian dari pemerintah daerah. 

Bantuan makanan bergizi yang diberikan Pemkab Pamekasan mulai dari jenis sayur-sayuran dan daging. Melalui dinas kesehatan, pihaknya juga memetakan kondisi Lansia antara yang boleh makan daging dan tidak.

"Nanti akan ada petugas datang ke bu Ruk ini pagi dan sore pakai rantang isi nasi, ikan dan sayur. Harapan kita juga nanti bu Ruk mendapat kesehatan dari Allah, panjang umur dan program ini bisa terus berkelanjutan," harapnya

Baca Juga : Menderita Stroke, Warga Lumajang Dipulangkan Pemkab Berau 

 

Bupati berpesan kepada para petugas yang mengantarkan makan dua kali sehari kepada para lansia itu agar ikhlas seperti merawat ibu sendiri serta dilandasi semangat perjuangan dan pengabdian.

"Ini program luar biasa, makanya saya minta keikhlasan, kesabaran dalam memberikan pelayanan kepada seluruh lansia sebatangkara ini berjalan berpondasikan keikhlasan serta kerja profesional. Kenapa kita perlu ikhlas dan sabar serta profesional? Karena program ini melayani orang harus bersungguh-sungguh," tandasnya.

Untuk diketahui, Tahun 2021, ada 400 lansia yang tersebar di 13 kecamatan akan mendapat bantuan makanan sehat dua kali sehari dari pemerintah daerah yang akan diantar oleh petugas. Terobosan baru Bupati Pamekasan, Baddrut Taman itu menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kabupaten.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
dinsos pamekasan Badrut Tamam

Berita Lainnya