Genap Setahun Covid-19 di Indonesia, Menilik Kembali Perjalanan Virus Mematikan Ini | Madiun TIMES

Genap Setahun Covid-19 di Indonesia, Menilik Kembali Perjalanan Virus Mematikan Ini

Mar 02, 2021 16:58
Ilustrasi virus Corona (Foto : Internet)
Ilustrasi virus Corona (Foto : Internet)

INDONESIATIMES - Hari ini tepatnya 2 Maret 2021 genap setahun virus Corona berada di Indonesia. Pada 2 Maret tahun lalu, Presiden Joko Widodo untuk pertama kalinya mengumumkan kasus Covid-19 di tanah air.

Pengumuman keberadaan virus Corona di Indonesia pertama kali diawali dari tiga orang dalam satu keluarga asal Depok yang dinyatakan positif terkena virus Covid-19. 

Baca Juga : Poskamling Dijadikan Posko Kampung Tangguh Semeru, Desa Sumengko Lawan Covid-19

Dengan masuknya virus Covid-19 di Indonesia sempat mengejutkan banyak pihak, lantaran adanya sikap masyarakat Indonesia yang kurang mempercayai virus tersebut, saat melihat kejadian Corona di Kota Wuhan.

Pada akhir Maret 2020, positif Corona di Indonesia sudah mencapai 1.528 kasus. Setelah satu bulan Corona merebak di Indonesia, jumlah korban meninggal mencapai 136 orang, sementara yang dinyatakan sembuh sebanyak 81 orang.

Hingga kini setelah virus Covid-19 genap setahun di Indonesia, tercatat dari data pembaruan pada Senin 1 Maret 2021 yang dilaporkan Satgas Penanganan Covid-19 Nasioanal sebanyak 1.341.314 orang positif Corona.

Dari jumlah pasien positif Corona, terdapat pasien sembuh sebanyak 1.151.915. Sedangkan pasien yang masih dalam perawatan berjumlah 153.074, dan kasus kematian hingga kini mencapai 36.325 kasus.

Banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk menekan jumlah penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Dimulai dari masyarakat diminta untuk mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan secara rutin, menjaga jarak, menghindari kerumunan, hingga mengurangi mobilitas.

Bahkan berbagai kebijakan dikeluarkan pemerintah Indonesia mulai dari diterapkannya sistem pendidikan secara daring, bekerja dari rumah (Work From Home), pembatasan jam operasioanal dan daya tampung pusat perbelanjaan, tempat hiburan, dan restoran, hingga membatasi kunjungan ke tempat wisata.

Baca Juga : Bantuan Kuota Internet Gratis 2021 Kembali Dibagikan, Berikut Cara Mendapatkannya

Tidak hanya itu, berbagai kebijakan besar juga sudah diterapkan oleh pemerintah, yakni Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM), Pembatasan Sosial Berbasis Mikro dan Komunitas (PSBMK), hingga yang terbaru Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Selain itu juga, upaya yang dilakukan pemerintah ialah vaksinasi. Pada Agustus 2020, dilakukan uji klinis tahap II terhadap vaksin Sinovac. Hingga kini Indonesia telah mencapai 3 juta dosis vaksinasi Sinovac. 

Program vaksinansi Covid-19 bertujuan untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok. Pemerintah menyebut sebanyak 181 juta orang yang akan menerima vaksinasi Covid-19. Dan ditargetkan akan selesai dalam 15 bulan, dari Januari 2021 hingga Maret 2022.

Dilansir dari PikiranRakyatcom hingga 28 Februari 2021, pemerintah mengumumkan sebanyak 1.691.724 orang telah menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Sedangkan dosis kedua telah diterima oleh 998.439 orang.

Topik
Covid 19 Vaksin Covid 19 perjalanan covid 19 di indonesia

Berita Lainnya