Inilah Kebijakan Baru Pemkot Madiun terkait  PPKM Skala Mikro Tahap Dua | Madiun TIMES

Inilah Kebijakan Baru Pemkot Madiun terkait PPKM Skala Mikro Tahap Dua

Feb 23, 2021 20:06
(Foto IG Pemkot Madiun)
(Foto IG Pemkot Madiun)

MAIDUNTIMES - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro di Kota Madiun akan diperpanjang hingga Senin 8 Maret 2021. Itu  sesuai Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 4 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan.

Menanggapi perpanjangan PPKM tersebut Wali Kota Madiun Maidi mensosialisasi kebijakan terkait PPKM berbasis mikro yang kedua dengan sedikit memberi kelonggaran, khususnya bagi jam operasional bagi para pedagang.

“PPKM kami perpanjang. Secara umum masih sama. Tetapi ada kebijakan kami dengan memberikan sedikit kelonggaran,” kata orang nomor satu di Kota Madiun tersebut.

Menurut Maidi, pada PPKM tahap pertama, jam operasional pedagang sampai pukul 21.00. Sedangkan pada PPKM mikro yang kedua ini, pedagang boleh berjualan sampai pukul 22.00 atau mundur 1 jam. Pertimbangan itu dipilih untuk memberikan kesempatan kepada pedagang kecil agar bisa memaksimalkan jualannya.

"Kalau kita tutup pukul 21.00 dan pada hari itu hujan,  kan ya kasihan. Sudah hujan sejak sore, baru reda sudah jam 21.00. makanya kami perpanjang sampai pukul 22.00. Sedangkan untuk maltetap sampai pukul 21.00," ungkapnya. 

Maidi juga menambahkan,  kelonggaran lain pada PPKM tahap dua ini adalah acara pernikahan. Acara resepsi pernikahan boleh digelar pada masa PPKM mikro kedua ini. Artinya, tidak hanya proses ijab kabul seperti pada PPKM mikro  pertama. Namun harus dibagi 3 shif. 

Setiap shiff, tamu undangan dibatasi maksimal 30 orang. Sedangkan hidangan masih tidak boleh dilakukan secara prasmanan. 

Selain itu, mantan sekda Kota Madiun tersebut juga menjelaskan bahwa lampu penerangan  yanga dimatikan mulai pukul 22.00 mundur satu jam dari sebelumnya. "Lampu juga akan kami matikan pada pukul 22. 00 asal masyarakat patuh. Kalau kemudian kita temukan pelanggaran, ya akan kami kembali kami matikan pukul 21. 00," tegasnya.

Topik
Pemkot Madiun Berita Madiun Wali Kota Madiun ppkm mikro

Berita Lainnya