Menuju Makam Abu Lahab, Lewati Pemukiman Kumuh dan Bau | Madiun TIMES

Menuju Makam Abu Lahab, Lewati Pemukiman Kumuh dan Bau

Feb 22, 2021 09:18
Makam Abu Lahab (Foto: YouTube Alman Mulyana)
Makam Abu Lahab (Foto: YouTube Alman Mulyana)

INDONESIATIMES - Nama Abu Lahab tentu tak asing lagi bagi umat Muslim. Abu Lahab merupakan paman dari Nabi Muhammad SAW yang dilaknat oleh Allah SWT.  

Saat meninggal Abu Lahab dimakamkan di kawasan perumahan Abu Lahab, Al Hujun Distrik 4, sekitar 3-4 km dari Masjidi Haram. Ia termasuk ke dalam golongan orang jahat lantaran memusuhi serta menghalangi dakwa Rasulillah SAW.  

Baca Juga : Ingin Poligami, Ini Syarat Mutlak yang Harus Dipenuhi

Lantas seperti apa kondisi makam Abu Lahab saat ini? 

Melansir melalui video di channel YouTube Alman Mulyana, Senin (22/2/2021), simak ulasan informasi berikut ini:  

Image
Foto: YouTube Alman Mulyana

Diceritakan dalam video Alman Mulyana bersama 2 rekannya berada di perkampungan Abu Lahab. Untuk menuju ke makam Abu Labah, Alman dan 2 rekannya harus melewati pemukiman kumuh dan berbau.  

Sayangnya, Alman mengatakan, jika ia tidak mengetahui tepatnya di mana rumah paman Rasulullah SAW paling jahat itu. Dalam situasi perkampungan itu, terlihat rumah-rumah tua yang hanya terbuat dari batu bata saja. 

Tak lama Alman melewati sebuah rumah yang menimbulkan bau busuk.

 "Saya nggak berani mendekat ke rumah ini, karena bau bangkai guys, asem banget disini ni," ujar Alman sampai terbatuk.

Image
Foto: YouTube Alman Mulyana

"Abu Lahab itu kang, sebenarnya nama aslinya bukan Abu Lahab, namanya Abd al-'Uzzā," ujar rekan Alman. 

Ia lantas menceritakan jika karena ia merupakan paman dari Rasulullah yang jahat, dilaknat oleh Allah hingga namanya diabadikan di dalam Alquran. Alman pun lantas menceritakan jika detik-detik meninggalnya Abu Lahab sangatlah tragis. 

Setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang, Alman dan rekannya akhirnya tiba di kawasan makam Abu Lahab.  

Image
Foto: YouTube Alman Mulyana

"Nah ini nih, ini di sini makamnya guys," ujar Alman.  

Kawasan tersebut tampak di pagar rapat agar tidak mudah untuk orang masuk ke kaswan itu.  

Kemudian, Alman mencoba bertanya kepada salah 1 orang di sekitar untuk menanyakan kebenaran apakah itu benar merupakan makam Abu Lahab. Ternyata benar, jika Abu Lahab dimakamkan di kawasan itu. 

Kisah Abu Lahab

Akhir masa hayatnya, Abu Lahab pun meninggal dan dikuburkan dengan cara tragis. Semasa hidupnya, ia tinggal di sebuah perkampungan dan dimakamkan di perkampungan itu juga.  Abu Lahab termasuk orang kaya di Makkah saat itu.  

Jenazah Abu Lahab sendiri dimakamkan di sebuah rumah di kaki lereng gunung yang dinamakan sesuai dengan namanya sendiri yakni Jabal (Gunung) Abu Lahab.  

Kisah awal Abu Lahab memusuhi Rasul ialah saat Rasul mengumpulkan kerabatnya di bukit Sofa. Peristiwa itu merupakan peristiwa bersejarah saat Allah SWT mengutus Rasul berdakwah.

Baca Juga : Bak Drama Korea, Seorang Jambret Berhasil Diamankan Setelah Gagal Kelabui Petugas

"Wahai Muhammad dakwahlah keluarga dekatmu, ajaklah mereka ke jalan Allah SWT".

Maka oleh rasul diajaknya kerabat dekatnya ke bukit Sofa. Rasul pun lantas bertanya kepada mereka yang datang termasuk Abu Lahab.  

"Apa pendapat kalian kalau seandainya saya ceritakan di belakang bukit Sofa ini ada musuh yang akan datang menyerang kita, kalian percaya atau tidak?" tanya Rasul.  

Mereka pun lantas menjawab “tentu kami percaya karena engkau bilang Al-Aamiin.” 

Lalu Rasul kembali bertanya "bagaimana pendapat kalian, saya ini adalah sebagai seorang utusan sebelum datangnya kiamat?"

Mendengar itu, Abu Lahab seakan marah dan menjawab "Wahai Muhammad celakalah engkau." 

Setelah itu, Abu Lahab pun benar-benar meninggalkan Rasul. Hingga akhirnya turunlah surat Al-Lahab yang terdiri dari lima ayat. Mengetahui kejahatan Abu Lahab, justru Allah SWT yang menjawab "Justru engkaulah wahai Abu Lahab yang celaka".

Hal itu lantas terbukti dengan kondisi yang memprihatinkan di detik-detik terakhir Abu Lahab. Setelah mendengar kabar kekalahan kaum kafir Quraisy dalam perang Badar Al Kubro, tujuh hari kemudian Abu Lahab pergi ke Makkah dan meninggal dunia.  

Namun, sebelum meninggal kondisi Abu Labat begitu memprihatinkan. Saat itu ia menderita penyakit kusta yang membuat kondisinya membusuk dan bau. Sehingga keluarga tidak bisa mendekat karena kondisinya yang menjijikan. Bahkan, jenazah Abu Lahab sempat dibiarkan selama tiga hari.  

Hingga akhirnya, para warga sepakat untuk menguburkan jasad Abu Lahab tapi tidak langsung disentuh. Namun menggunakan kayu lalu didorong untuk dimasukkan ke makam. Setelahnya, dilempar dengan batu. 

 

 

Topik
makam abu lahab Abu Lahab video youtube kisah abu lahab

Berita Lainnya