PPKM Skala Mikro di Kota Madiun Berhasil, 940 RT Masuk Zona Hijau | Madiun TIMES

PPKM Skala Mikro di Kota Madiun Berhasil, 940 RT Masuk Zona Hijau

Feb 15, 2021 12:18
Wali Kota Madiun Maidi di Balai Kota Madiun.
Wali Kota Madiun Maidi di Balai Kota Madiun.

MADIUNTIMES - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro di tingkat rukun tetangga (RT) yang dilakukan di Kota Madiun membuahkan hasil optimal. Pasalnya, PPKM  mikro tersebut membuat 940 RT dari 1.025 RT yang ada di Kota Madiun masuk zona hijau. Artinya, sudah 91,7% RT masuk zona hijau. 

Seluruh RT yang masuk zona hijau tersebut terbagi di tiga Kecamatan. Masing-masing 281 RT di Kecamatan Kartoharjo, 303 RT Kecamatan Manguharjo, dan 356 RT di Kecamatan Taman. Sedangkan sisanya 8,3% atau 85 RT masih berada di zona kuning.

Baca Juga : Berseragam PLN, Pria Asal Kutorenon Curi Peralatan Gardu Listrik

Wali Kota Madiun Maidi menyampaikan, angka tersebut diketahui dari hasil mapping PPKM mikro di Kota Madiun berdasarkan penetapan kriteria dari Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021 tentang PPKM berskala mikro. “Meskipun saat ini Kota Madiun tidak ada RT di zona merah namun, pemkot terus berupaya secara maksimal dalam penanggulangan covid-19 ini agar tidak terjadi peningkatan kasus lagi,” tandasnya, Senin 15 Februari 2021.

Orang nomor satu di Kota Madiun tersebut juga meminta agar posko di tingkat kelurahan dilakukan secara optimal. Namun, Maidi  tidak ingin menghambat atau mengganggu perekonomian warga atas adanya PPKM berskala mikro tersebut.

"Maka dari itu kami siapkan segalanya. Kalau di kelurahan sudah ada kampung tangguh, jadi di setiap RT dan RW ada pelopor protokol kesehatan serta ada satgas yang mengawasi sebagai tim isoman hunter untuk memantau pasien positif covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah,” ungkapnya.

Maidi menambahkan, keberhasilan dalam meningkatkan kesembuhan tersebut tak luput dari kerja sama dan kesadaran masyarakat untuk mendukung usaha Pemkot Madiun bersama tiga pilar dalam menekan kasus penyebaran covid-19. "Sekali lagi, untuk memutus mata rantai penularan covid-19, kami tidak bosan menyerukan kepada seluruh warga untuk dapat menerapkan 5M. Yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas," ucapnya.

Topik
Pemkot Madiun Wali Kota Madiun Maidi ppkm mikro zona Covid 19

Berita Lainnya