Kabar Baik, Nelayan Akan Dapat Uang Pensiun | Madiun TIMES

Kabar Baik, Nelayan Akan Dapat Uang Pensiun

Feb 06, 2021 12:36

INDONESIATIMES- Kabar baik bagi nelayan meluncur dari negara. Pasalnya, nelayan akan mendapatkan uang pensiun melalui program jaminan hari tua. 

Program ini direncanakan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. Dengan harapan uang pensiun bisa memberikan perlindungan dan meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Baca Juga : Dikeluhkan, Legislatif Minta Relokasi Puskesmas Bareng Jadi Prioritas

Tapi, program jaminan hari tua ini akan terlebih dahulu diberlakukan di 3 wilayah pengelolaan perikanan (WPP). Tepatnya di Provinsi Maluku yang juga akan dikembangkan sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN). Di mana, para nelayan yang akan mendapat uan pensiun harus memiliki asuransi kecelakaan, asuransi kesehatan, dan tunjungan hari tua.

"Nah, jadi nelayan di 3 WPP akan mendapatkan jaminan hari tua jika sudah tidak melaut lagi. Ini yang harus dipersiapkan," ucapnya, Sabtu (6/2/2021).

Selain itu, ia juga berencana untuk melakukan perubahan pada sistem penangkapan ikan serta melakukan pengawasan terhadap kapal-kapal penangkap ikan.

"Yang pasti ini akan meningkatkan produktivitas para nelayan. Dan juga menjaga keberlangsungan populasi ikan di laut Indonesia," ujarnya.

Seperti diketahui di tengah pandemi ini, nasib para nelayan semakin memprihatinkan. Sekretaris Jendral Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) Susan Awati mengungkapkan, persoalan para nelayan yang dihadapi yakni menurunnya pendapatan serta naiknya harga bahan pokok.

"Para nelayan posisinya paling bawah dalam struktur kemiskinan sebelum pandemi covid-19 ini. Apalagi saat ini kan," ujarnya.

Baca Juga : Songsong Digitalisasi Desa, Kini Karangtalun Bersiap Gunakan Aplikasi Simpel Desa

Maka dari itu, ia berharap adanya bantuan terhadap para nelayan yang terdampak pandemi Covid-19.

"Pemerintah wajib mengutamakan keselamatan masyarakat pesisir, bukan mengimbau makan ikan," ujarnya.
 

 

Topik
uang pensiun nelayan program jaminan hari tua Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono kesejahteraan nelayan wilayah pengelolaan perikanan

Berita Lainnya