Kegeraman Warganet soal Parodi Lagu Indonesia Raya oleh YouTuber Malaysia: Keterlaluan! | Madiun TIMES

Kegeraman Warganet soal Parodi Lagu Indonesia Raya oleh YouTuber Malaysia: Keterlaluan!

Dec 28, 2020 09:59
Parodi lagu Indonesia Raya. (Foto: YouTube)
Parodi lagu Indonesia Raya. (Foto: YouTube)

Dunia maya kini tengah dihebohkan dengan beredarnya video parodi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh salah satu YouTuber asal Malaysia.  

Video lagu yang diunggah melalui akun YouTube MY Asean itu diketahui telah mengganti lirik lagu Indonesia Raya dengan kata-kata provokatif atau melecehkan.  

Baca Juga : 3 Hari Mendatang, Kota Batu Bakal Diguyur Hujan Sedang hingga Lebat

Pengunggah menuliskan judul di video itu "Indonesia Raya Instrumental (Parody + Lyrics Video". Namun diketahui video tersebut saat ini sudah tidak bisa diakses.   

Bahkan, lambang Garuda Pancasila pun diubah menjadi ayam.  Selain itu, kalimat Bhinneka Tunggal Ika ditulis secara terbalik.  

Di bawah lambang Burung Garuda yang diubah menjadi ayam itu, juga terdapat berbagai kalimat yang provokatif.

Beredarnya lagu parodi Indonesia Raya ini lantas membuat warganet Indonesia geram dan murka. Hal ini diketahui malalui media sosial Twitter yang menunjukkan tagar #IndonesiaRaya menduduki trending topic Senin (28/12/2020).  

Melalui tagar itu, warganet melontarkan amarahnya.  Mereka menilai  lagu kebangsaan negara mana pun tidak pantas untuk dijadikan bahan parodi.  Bahkan sampai lirik dan lambang negara diganti dengan sengaja untuk melecehkan suatu bangsa.  

"Gue cuma mau bilang, lagu kebangsaan tidak pantas diparodi. Hargailah perjuangan pahlawan bangsa Indonesia dulu. Nggak ada akhlak uang berani lagu kebangsaan Indonesia diparodi. #IndonesiaRaya," tulis akun @nrhmrd_.

"Trending, lagu Indonesia Raya diparodikan, tidak sepatutnya lagu kebangsaan dilecehkan, dihina, dan diganti dengan kata-kata tidak sopan. Tangkap pelakunya #IndonesiaRaya #MyAsean," ujar akun @Put87450665.

"Selalu menghormati orng walaupun berbeda ras,budaya,agama bahkan negara, tpi yg dihormati ga bisa menghormati balik. Jgn buat gue ga suka upin ipin ya #IndonesiaRaya," lanjut akun @Xuxial_.

"Ini udh keterlaluan bngt si parah  #IndonesiaRaya," tambah akun @dwiflvi.

Baca Juga : Hilangkan Kesan Negatif, Perayaan Natal Jadi Momen Edukasi Masyarakat Wilayah Timur

"Budaya-budaya Indonesia diklaim kami masih diem eh didiemin malah ngelunjak, ngehina lagu Indonesia Raya segala, tolong dong polisi Malaysia urus dulu selidiki ini siapa #ShameOnYouMalaysia #MyAsean #IndonesiaRaya," papar @majikanpenguin.

"Ini sudah keterlaluan mereka/Malaysia sudah menghina dan melecehkan lagu Indonesia Raya dan lambang negara kita. Ini perlu ada tindakan dari Kemenlu untuk memanggil Kedubes Malaysia yang ada di Indonesia @DJPPIKominfo @Menlu_RI @PolhukamRI #IndonesiaRaya," ungkap @yudhi_bastards.

"Pahlawan udah capek-capek perjuangin bangsa kita eh dihina dong sama bangsa lain. #IndonesiaRaya," kata akun @wfqzmri.

Diketahui sebelumnya, Kedutaan Besar (Kedubes) Malaysia di Jakarta telah memberikan perhatian khusus atas video pelecehan Lagu Indonesia yang diunggah oleh pihak yang mengaku berasal dari Malaysia.

Melalui laman media sosial Kedubes Malaysia di Jakarta, otoritas Malaysia kini sedang melakukan investigasi atas persoalan yang bisa mengganggu hubungan baik kedua negara itu.  

Pemerintah Malaysia juga memberi kecaman keras segala bentuk provokasi negatif dengan niat untuk memengaruhi hubungan bilateral kedua negara. "Kerajaan Malaysia mengutuk keras sebarang perlakuan buruk dan provokasi negatif yang berniat untuk menjelaskan hubungan dua hala yang akrab di antara Malaysia dan Indonesia,” lanjut pernyataan itu.

Topik
Parodi Lagu Indonesia Raya YouTuber Malaysia Komentar Warganet

Berita Lainnya