Deretan Fakta Kasus Mesum Sesama Jenis Nakes dan Pasien Wisma Atlet | Madiun TIMES

Deretan Fakta Kasus Mesum Sesama Jenis Nakes dan Pasien Wisma Atlet

Dec 27, 2020 08:27
Ilustrasi (Foto:  South China Morning Post)
Ilustrasi (Foto: South China Morning Post)

Media sosial dihebohkan dengan kasus dugaan mesum sesama jenis antara Tenaga Kesehatan (nakes) dan pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kasus ini mendadak viral sejak Sabtu (26/12/2020) setelah isi chat keduanya beredar di media sosial.  

Berikut fakta-faktanya:  

1. Terungkap melalui isi Chat

Berawal dari pengakuan pasien yang diunggah melalui akun Twitter @bottialter Jumat (25/12/2020).  Diketahui pasien mengunggah tangkap layar percakapan Chat WhatsApp dengan seseorang yang diduga sebagai perawat.  

Dalam Chat itu, pasien dan perawat janjian untuk melakukan seks sesama jenis di toilet wisma atlet.  Pasien juga mengunggah foto alat pelindung diri (APD) yang disebutkan milik perawat dalam kondisi terlepas.

2. Kodam Jaya angkat bicara

Baca Juga : Pasien Covid-19 Penuh, RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar Dirikan Dua Tenda Darurat

Mengetahui hal ini, Kodam Jaya selaku pengelola Komando Tugas Gabungan Terpadu pelaksana operasional RSD Wisma Atlet langsung melakukan penelusuran.

Identitas perawat dan pelaku langsung dikantongi oleh pihak Kodam Jaya.  Keduanya juga langsung diperiksa dan mengakui jika keduanya memang melakukan hubungan sesama jenis.  

"Hasil pemeriksaan mereka mengakui. Untuk proses selanjutnya, akan diserahkan ke pihak Kepolisian selaku penyidik sipil demi keadilan," kata Kepala Penerangan Kodam Jaya Letnan Kolonel Arh Herwin BS.

3. Pasien dan perawat diamankan

Baca Juga : Ada 3.624 Janda Baru di Kabupaten Kediri akibat Perceraian, Ini Penyebabnya

Kini, diketahui pasien dan perawat telah diamankan dan akan diserahkan ke pihak kepolisian.  Selain itu, juga akan dilakukan tes PCR terhadap keduanya. “Kodam Jaya telah menangkap kedua terduga pelaku, melakuan PCR tes, dan apabila hasilnya negatif akan menyerahkan kepada pihak kepolisian untuk diambil langkah hukum,” ujar Herwin.  

4. Manajemen benahi pengawasan.  

Disampaikan juga oleh Herwin jika pihak Kodam Jaya akan membenahi pengawasan akan kasus serupa tidak terjadi lagi.  

“Ke depan, kami akan lebih meningkatkan standar prosedur operasional (SOP) RSD Wisma Atlet termasuk dalam pengawasan kegiatan dan di setiap Tower serta memonitor pelaksanaan pelayanan kesehatan,” tutur Herwin.

5. Hasil tes PCR pasien dan perawat

Setelah melakukan tes PCR, hasil menunjukkan jika perawat negatif dan pasien positif. "Hasil tes oknum Nakes negatif, untuk oknum pasien positif," kata Herwin.

Herwin lantas mengatakan jika Nakes akan diserahkan ke Polres Jakarta Pusat untuk proses hukum lebih lanjut. Sementara pasien belum diserahkan ke pihak polisi lantaran harus menjalani isolasi lebih dahulu dengan pengawasan ketat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Covid 19 seks sesama jenis

Berita Lainnya