Kapolres Madiun saat memberikan Helm kepada salah satu pengendara.
Kapolres Madiun saat memberikan Helm kepada salah satu pengendara.

Operasi Zebra Semeru 2020 di wilayah Kabupaten Madiun berbeda dengan sebelumnya. Pengendara yang melanggar dan kedapatan tidak menggunakan helm justru diberi helm oleh Kapolres Madiun AKBP Bagoes Wibisono. 

Hal itu seperti yang dilakukan jajaran Polres Madiun saat menggelar Operasi Zebra Semeru 2020 di perempatan Pasar Pagotan, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, pada Sabtu 31/10/2020. Pada kesempatan tersebut Bagoes menyampaikan bahwa pembagian helm dan masker kali ini dalam rangka Operasi Zebra Semeru 2020.

"Pada kegiatan ini kita bagikan sebanyak 10 helm kepada para pengendara dewasa dan 5 helm untuk anak anak yang dibonceng yang tidak menggunakan helm,” ujarnya.

Bagoes menuturkan, bahwa tidak dilakukan penindakan seperti tilang. Tetapi mengedepankan Preemtif dan Prefentif juga memberikan edukasi tentang tata tertib berlalu lintas.

Bagoes juga menambahkan, bahwa masih ditemukan ada masyarakat yang melanggar tata tertib berlalu lintas seperti tidak menggunakan Helm di wilayah Kabupaten Madiun. "Semua pengendara sepeda motor wajib pakai helm, sekalipun masih anak-anak. Termasuk pembonceng sepeda motor wajib pakai helm demi untuk keselamatan bersama," Tambahnya

Bagoes juga tidak lupa mengimbau kepada warga masyarakat Kabupaten Madiun khususnya, agar selalu tertib mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara dan juga menerapkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya.