Ketua DPRD Andi Raya saat sosialisasikan PERDA Nomor 4 tahun 2020 di Sun Hotel Madiun.
Ketua DPRD Andi Raya saat sosialisasikan PERDA Nomor 4 tahun 2020 di Sun Hotel Madiun.

Warga Kota Madiun yang memiliki anggota keluarga meninggal dunia dijamin mendapat santunan sebesar Rp 1 juta dari Pemerintah Kota Madiun. Pemberian santunan sebesar Rp 1 juta itu, tidak pandang bulu, berlaku untuk seluruh warga kota ini. Jaminan pemberian santunan itu, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 4 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Santunan Kematian Bagi Masyarakat Kota Madiun.

“Adanya Perda ini kami berharap masyarakat tidak kesusahan saat memakamkan keluarganya yang meninggal dunia,” kata Wali Kota Madiun Maidi saat menggelar sosialisasi Perda Nomor 4 tentang Penyelenggaraan Santunan Kematian Bagi Masyarakat Kota Madiun di ballroom Sun Hotel, Madiun, Sabtu (17/10/2020).

Baca Juga : KPU Kabupaten Kediri Tetapkan DPT Pilkada Kabupaten Kediri

Maidi juga menegaskan, santunan tersebut akan diberikan kepada seluruh warga yang ada anggota keluarganya meninggal dunia. "Santunan kematian ini berlaku bagi seluruh warga Kota Madiun tidak melihat status sosialnya, siapapun yang bersedia mengurus persyaratan akan mendapatkan hak tersebut sebesar 1 juta rupiah," ungkapnya.

Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya Bagus Mico Saputra menambahkan, Perda Nomor 4 Tahun 2020 ini sebenarnya sudah berlaku per 1 Oktober 2020 lalu. Sejak tanggal itu, masyarakat sudah bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.

Permintaan santunan dapat diajukan ke Dinas yang menangani permasalahan sosial di Kota Madiun. "Namun untuk pengajuan tahun ini baru akan dicairkan tahun depan karena tahun ini kita masih fokus dalam penanganan Covid-19," tandasnya

Baca Juga : Buka Pasar Ekspor untuk UMKM, Gubernur Khofifah Apresiasi Inisiasi BI

Untuk diketahui, pemberian santunan ini menjadi salah satu program prioritas Pemkot Madiun. Terlebih lagi, program tersebut juga masuk dalam Program Pancakarya Wali Kota Madiun H Maidi dan Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri.