Tampak loket pelayanan yang lengang dari pengunjung
Tampak loket pelayanan yang lengang dari pengunjung

Terik panas matahari siang ini tak menyurutkan MadiunTimes untuk mendatangi kantor BPJS Kesehatan Kota Madiun. Kantor yang berada di Jalan Timor, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, tampak sepi sekali. Hanya terlihat dua orang dideretan kursi antrean depan kantor dan seorang wanita di depan loket pelayanan.

Saat MadiunTimes akan menanyakan perihal tersebut kepada Humas BPJS, Jumadi Waluyo security di kantor itu dengan cekatan memaparkan bahwa dia tidak mengetahui secara pasti sepinya kantor. Dia cukup lihai dalam merespon kebutuhan informasi yang dibutuhkan warga yang akan mengurus BPJS Kesehatan.

Baca Juga : Begini Melimpahnya Pisang di Klakah, Jalanpun Macet Karena Pisang

"Saya sudah bekerja di sini selama 30 tahun, mas, jadi hafal informasi yang diperlukan masyarakat yang ingin mengurus BPJS itu," jelasnya.

Saat jurnalis menanyakan perihal mayoritas keluhan warga akan buruknya pelayanan BPJS, dia menampik dan meluruskan.

"Memang banyak kita dengar keluhan warga masyarakat akan buruknya pelayanan BPJS. Namun perlu difahami bahwa hal ini menunjukkan kebutuhan masyarakat pada BPJS yang tinggi. Sehingga wajar pelayanan menjadi lebih lama waktunya. Itu akibat banyaknya masyarakat yang membutuhkan," tuturnya.

Saat ini, untuk lebih memudahkan pelayanan pada masyarakat, BPJS Kesehatan sudah membuat layanan. BPJS Kesehatan memiliki dua opsi cara untuk tetap melayani masyarakat di tengah pandemi. Yakni, pelayanan online atau daring serta langsung di kantor cabang.

Keduanya dijamin sama-sama bertujuan untuk memberi solusi cepat bagi peserta, dengan kualitas tetap seperti sebelum Covid-19 mewabah. Pelayanan di kantor tetap diberikan namun secara terbatas tanpa melanggar protokol Covid-19.

Lanjutnya, peserta dapat mengunduh dan memanfaatkan fasilitas daring seperti Mobile JKN, CHIKA, maupun VIKA. Bisa juga berbincang langsung dengan petugas melalui Care Center 1500 400 yang tersedia 24 jam.

"Masyarakat sekarang tidak perlu khawatir, mas. Apabila menggunakan fasilitas kartu BPJS dan menjumpai pelayanan perawat atau dokter yang tidak sesuai,mereka bisa memfoto, menghubungi call Center dan dipastikan akan memperoleh pelayanan yang maksimal. Saya pernah mengalami hal seperti itu saat menunggu saudara yang rawat inap di RSUD Sogate. Kkarena perawat yang tidak ramah, setelah akan saya laporkan dia minta maaf," pungkas Jumadi mengakhiri penuturannya.