Viral Wabah Ulat Kucing Beracun di AS, Warga Diminta Waspada | Madiun TIMES

Viral Wabah Ulat Kucing Beracun di AS, Warga Diminta Waspada

Oct 12, 2020 08:38
Ulat kucing beracun (Foto: DailyMail)
Ulat kucing beracun (Foto: DailyMail)

Publik saat ini dihebohkan dengan viralnya wabah ulat kucing yang beracun di Amerika Serikat. Populasi ulat kucing beracun itu kabarnya semakin bertambah banyak di negara bagian Virginia, AS.  

Mengetahui hal tersebut, otoritas setempat lantas memberikan peringatan agar warga bisa menghindarinya. Lantaran ulat kucing itu bisa menyengat dan membuat orang dilarikan ke rumah sakit.  

Baca Juga : Aliansi Malang Melawan dan LBH Sayangkan Tindakan Represif Polisi saat Amankan 129 Pendemo

Melansir melalui DailyMail, ulat kucing itu berselimut duri berbisa yang bisa menyebabkan rasa sakit hebat. Bahkan muncul gejala sakit kepala, demam, muntah, tekanan darah rendah, detak jantung cepat, kejang, dan sakit perut dalam kasus langka, seperti tertera dalam American Journal of Tropical Medicine and Hygiene.

Serangga tersebut belakangan dilihat oleh warga kerap berkeliaran di sekitar taman dan bangunan. Beberapa warga yang menjadi korban pun telah dilarikan ke rumah sakit.  

Ulat kucing
Foto: DailyMail

Ulat kucing ini sebenarnya termasuk larva ngengat kecil yang tak berbahaya. Namun beda cerita jika sudah menyerang manusia. Pejabat setempat mencatat jika populasi serangga itu dikendalikan musuh alami selain insektisida kimia jika dirasa perlu.  

Seorang warga yang tersengat merasa mengaku sangat kesakitan. "Seperti pisau panas," kata Crystal Spindel Gaston yang menjalani perawatan di rumah sakit.

Kampus Virginia Tech menyebut tahun 2020 ini sepertinya merupakan masa serangga itu mewabah. Mereka lantas menyarankan jika ada yang tersengat ulat kucing harus segera mencuci bersih area yang terkena. 

Baca Juga : Viral Anggota DPRD Tak Hafal Pancasila di Tengah Pendemo, Teriakan Mahasiswa Bikin Salfok

"Selotip bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bulu yang ada di kulit," saran mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
berita viral

Berita Lainnya