PAC Fatayat NU Pilangkenceng Gelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah | Madiun TIMES

PAC Fatayat NU Pilangkenceng Gelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah

Oct 06, 2020 20:19
Para Peserta pelatihan pemulasaraan jenazah yang di adakan oleh PAC Fatayat NU pilangkenceng
Para Peserta pelatihan pemulasaraan jenazah yang di adakan oleh PAC Fatayat NU pilangkenceng

PAC Fatayat NU Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun mengadakan pelatihan pemulasaraan jenazah  di YPI Hidayatul Athfal Desa Duren Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun. Pada pelatihan ini PAC Fatayat NU Kecamatan Pilangkenceng bekerja sama dengan PR Muslimat NU Desa Duren dan dibimbing langsung oleh Nyai Nurul Jannah pengasuh YPI Hidayatul Athfal.

Pelatihan ini diikuti oleh pengurus PAC Fatayat NU Kecamatan Pilangkenceng. Peserta dilatih menangani jenazah mulai dari memandikan, mengafani dan menyalati jenazah. Sebelum praktik pemulasaraan jenazah terlebih dahulu penjelasan tentang alat dan keperluan untuk pemulasaraan jenazah. Seperti bagaimana cara membuat potongan kain kafan bagi wanita, membuat air sabun dan air kapur barus.

Baca Juga : Protokol Kesehatan Hajatan Kepala Kemenag Jombang Lemah, IDI Kritik Fungsi Gugus Tugas

Nyai Nurul Jannah menuturkan, mengafani mayit paling sedikit adalah membungkusnya dengan kain yang menutupi seluruh badan, tetapi bagi mayit perempuan sempurnanya adalah menggunakan lima lapis kain putih yang terdiri dari kerudung, baju kurung, sarung dan dua lembar kain yang menutupi seluruh anggota badan.

"Pelatihan ini diadakan mengingat kurangnya pemahaman wanita tentang praktik pemulasaraan jenazah. Seharusnya setiap jenazah wanita juga ditangani oleh wanita. Namun praktiknya belum banyak desa yang  memiliki tim pemulasaraan jenazah wanita." Ujar Karimatul Mu'awanah Ketua PAC Fatayat NU Kecamatan Pilangkenceng.

Pelatihan ini adalah yang kedua kalinya setelah pelatihan pertama dilaksanakan pada hari jumat (10/2). Dan karimatul menuturkan bahwa untuk selanjutnya pelatihan pemulasaraan jenazah ini akan diadakan di setiap Ranting Fatayat NU sekecamatan Pilangkenceng. Harapannya setelah adanya pelatihan pemulasaraan jenazah bagi wanita ini, di setiap desa dapat membentuk tim pemulasaraan jenazah wanita.

Topik

Berita Lainnya