Puji HB X, Moeldoko Sebut Mikro-Lockdown Langkah Tepat | Madiun TIMES

Puji HB X, Moeldoko Sebut Mikro-Lockdown Langkah Tepat

Oct 06, 2020 14:50
Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama Kepala Staf Kepresidenan RI Jenderal TNI (Purn) Moeldoko.
Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama Kepala Staf Kepresidenan RI Jenderal TNI (Purn) Moeldoko.

Selama ini Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) termasuk wilayah yang masuk daftar daerah efektif dalam menghentikan penyebaran covid-19.

Hal itu kembali dikemukakan Kepala Staf Kepresidenan RI Jenderal TNI (Purn) Moeldoko saat mengunjungi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Pendapa Ndalem Kilen Keraton, Selasa (6/10/2020). Moeldoko mengatakan kebijakan yang diambil Sultan HB X sangat efektif.

Menurut Moeldoko, sejatinya dalam satu wilayah, konsentrasi difokuskan pada tingkat rukun warga (RW), tidak serta merta satu kawasan dilakukan PSBB (pembatasan sosial berskala besar. “Pembatasan yang dijalankan ini selaras dengan yang dijalankan pemerintah pusat," terangnya.

Dalam kunjungan ini, Moeldoko mendiskusikan perkembangan covid-19 di DIY dan dia mengapresiasi upaya Sultan HB X. "Bapak Gubernur sangat inovatif dalam memberikan penanganan covid-19. Sejalan dengan apa yang pemerintah pusat ambil, yakni menerapkan mikro-lockdown atau pembatasan pada zona mikro," terang Moeldoko.

Mantan panglima TNI ini menyampaikan, seperti apa yang diputuskan dalam rapat terbatas, perlunya pemberlakuan mikro zonasi ini untuk skema PSBB. “Apalagi kalau kejadiannya covid 19 dalam zonasi lingkup kecil, pembatasan dan perlakuannya seharusnya semakin mikro. Jangan makro karena akan mengganggu yang lain,” ucapnya.

 

Topik
Sri Sultan HB X Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Lainnya