Jatim Times Network Logo
28/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Jelang HUT TNI, Tentara Dibantu Warga Bersihkan Monumen TRIP

Penulis : Joko Pramono - Editor : Nurlayla Ratri

04 - Oct - 2020, 11:13

Anggota TNI membersihkan monumen TRIP di dekat Pasar Burung (Joko Pramono for Jarim TIMES)
Anggota TNI membersihkan monumen TRIP di dekat Pasar Burung (Joko Pramono for Jarim TIMES)

Jelang peringatan HUT ke-75 TNI yang jatuh pada 5 Oktober 2020 besok, Kodim Tulungagung melakukan pembersihan monumen perjuangan di Kabupaten Tulungagung.

Salah satunya adalah monumen TRIP (Tentara Republik Indonesia Pelajar) yang berada di Jalan Ki Mangun Sarkoro, Desa Beji Kecamatan Boyolangu, Minggu (4/10/20) pagi.

Baca Juga : Viral! Pakai Mobil Pelat Dinas TNI, Pria Bercelana Pendek Mampir di Warung

 

Monumen yang berada tepat di selatan Pasar Burung ini sebelum dibersihkan oleh prajurit dari Kodim Tulungagung, Koramil Boyolangu dan masyarakat ini dipenuhi belukar setinggi orang dewasa.

Setelah dibersihkan, kini monumen itu nampak bersih. Belukar yang menutupi monumen dibabat habis dengan menggunakan sabit dan cangkul.

Komandan Kodim Tulungagung melalui Danramil Boyolangu, Kapten Inf. Djoko Widodo menuturkan pembersihan dilakukan untuk merawat monumen.

“Ini momen yang baik untuk merawat monumen yang ada,” ujar Djoko Widodo.

Di wilayah Boyolangu sebenarnya ada 2 monumen. Yaitu monumen TRIP dan Mliwis di depan SMAN 1 Boyolangu. Namun untuk monumen Mliwis, kondisinya cukup terawat.

Djoko Widodo juga menceritakan sepenggal kisah TRIP di Tulungagung. Menurutnya, TRIP merupakan gabungan dari pelajar dan mahasiswa yang ikut berjuang merebut dan memperjuangkan kemerdekaan RI.

Baca Juga : Api Membakar Tiga Rumah di Jombang hingga Rata dengan Tanah

 

“Mereka mendaftar untuk ikut berjuang mempertahankan Republik Indonesia,” ujar Djoko Widodo.

Untuk latihan perang TRIP, dulunya dilakukan di lahan yang sekarang menjadi SMKN 3 Boyolangu, di selatan monumen TRIP. Djoko berharap TRIP bisa menjadi inspirasi bagi pemuda sekarang untuk ikut membela negeri ini, mengisi kemerdekaan dengan membangun bangsa ini.

 


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Joko Pramono

Editor

Nurlayla Ratri