Jamaah sholat Idul Adha di Masjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun patuhi protokol kesehatan,bermasker dan jaga jarak
Jamaah sholat Idul Adha di Masjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun patuhi protokol kesehatan,bermasker dan jaga jarak

Jemaah Masjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun tampak memenuhi masjid hingga meluber ke halaman. Sekitar 700 warga masyarakat kota gadis ini antusias menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha 1441 H.

Meski jumlah jemaah yang datang melebihi kapasitas masjid, tetapi pelaksanaan salat di masjid utama Kota Madiun ini tetap sesuai protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. 

Baca Juga : Hewan Kurban Kapolda Jatim Diserahkan Kapolres Tulungagung ke PPHM Ngunut

Salah satunya, yakni antara jemaah diberi jarak aman sekitar satu meter alias shaf salat tidak rapat. Jemaah yang hadir pun mengikuti anjuran dengan membawa peralatan ibadah sendiri dan mengenakan masker.

Sebelum memasuki masjid para jamaah melewati bilik disinfektan, serta mendapat arahan petugas dan takmir masjid soal protokol selama ibadah salat sunah itu dikerjakan.

Bertindak sebagai imam adalah KH. Zaenal Abidin dan KH Sutoyo sebagai khatib. Dalam uraiannya, disampaikan bahwa perlunya meneladani ketakwaan yang di contohkan oleh Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail AS, dan Siti Hajar. 

“Manakala sesuatu pekerjaan itu dilaksanakan karena niat keimanan dan ketakwaan, maka Allah yang akan melindunginya. Begitu juga hal ini diteladani dan di lakukan oleh pimpinan daerah Kota Madiun. Di saat daerah lain adakan pembatasan bahkan imbaun untuk tidak salat jemaah di masjid, hal ini tidak berlaku di Madiun," tuturnya.

Baca Juga : Cegah Takbir Keliling, 300 Personel Gabungan Amankan Malam Takbir Idul Adha

“Dengan berbekal keyakinan dan ketakwaan kepada Allah SWT, pimpinan daerah kita tetap melaksanakan kegiatan peribadatan sesuai protokol kesehatan. Alhamdulillah Kota Madiun dalam kondisi terjaga dan aman dari penyebaran Covid-19,” tegas Sutoyo, yang juga sebagai Ketua MUI Kota Madiun itu.