Pendekar Setia Hati Terate Rajin Turun Jalan Semprotkan Disinfektan | Madiun TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Pendekar Setia Hati Terate Rajin Turun Jalan Semprotkan Disinfektan

Apr 12, 2020 19:06
Setia Hati Terate Ranting Kelun Lakukan Penyemprotan Disinfektan Pagi ini. Minggu (12/04/2020)
Setia Hati Terate Ranting Kelun Lakukan Penyemprotan Disinfektan Pagi ini. Minggu (12/04/2020)

MadiunTimes– Pencegahan penularan Covid-19 dengan penyemprotan disinfektan terus dilakukan petugas gabungan aparat pemerintah dengan komunitas masyarakat. Seperti halnya yang dilakukakn aparat Pemerintahan Kelurahan Kelun bersama organisasi Setia Hati Terate Ranting Kelun Kota Madiun.

Mereka melakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah  penularan Covid-19 pada Minggu (12/04/2020). Aksi penyemprotan didampingi Kamtibmas dan Bhabinsa itu dilakukan secara merata di lingkungan RW.05 Kelurahan Kelun Kota Madiun.

Siswanto selaku kordinator kegiatan organisasi Setia Hati Terate Ranting Kelun menyebutkan penyemprotan dilakukan dalam sejumlah kelompok. "Kami bagi menjadi 5 kelompok untuk penyemprotan pagi hari ini dengan maksud penyemprotannya merata dan lebih maksimal," kata dia

Sementara itu Maelan selaku Sekretaris Kelurahan menyampaikan terima kasih kepada warga RW.05 khususnya atas kesigapannya melakukan usaha pencegahan penyebaran virus Covid-19 ini.

"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yang telah dilaksanakan oleh pemerintah Kelurahan Kelun secara serentak pada tanggal 30 Maret yang lalu, dengan sasaran tempat umum, masjid, musholla, sekolahan dan TPA.

Perangkat kelurahan bersama Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas juga tidak henti-hentinya mensosialisasikan budaya hidup sehat, jaga jarak. Selain itu juga minta warga berada di rumah untuk menghindari penyebaran virus Corona.

Selain sosialisasi hidup bersih Maelan juga intens memberikan edukasi kepada warga desa untuk sadar diri melapor ke RT/RW jika ada warga yang datang dari daerah zona merah Covid-19.

"Langkah-langkah pencegahan terus kami lakukan di kelurahan ini secara bersama-sama, dan saat malam kami juga bergantian keliling untuk memastikan warga tidak bergerombol di warung atau pos kampling," imbuh Maelan.

Staf Kelurahan bersama warga setempat juga secara aktif meminta perantau yang pulang kampung untuk melakukan pengecekan kesehatan ke posko dan puskesmas.

"Jika ada keluhan berlanjut kami bawa ke puskesmas," papar Maelan.

Hingga saat ini masyarakat Kelun masih bersih dari paparan Covid-19, terlebih penyemprotan ke rumah warga juga intensif dilakukan.

Menurutnya warga sangat antusias sekali. Bahkan banyak yang meminta penyemprotan ke tempat yang digunakan sebagai pusat aktivitas. Mulai dari pintu, gerbang, serta interior rumah lainnya yang banyak digunakan untuk aktivitas atau banyak disentuh warga.

Warga setia hati Terate dan petugas desa juga semangat karena antusiasme warga sangat tinggi. Bahkan mereka berencana akan melakukan penyemprotan ulang pekan depan. “Kami juga merencanakan untuk membagi masker kepada masyarakat, di samping yang sudah diserahkan sejak sepekan kemarin,” imbuhnya Maelan menjelaskan.

Aiptu Sutikno selaku Bhbinkamtibmas juga menyambut baik peran aktif warga khususnya dari anggota organisasi Setia Hati Ranting Kelun yang tergabung dengan pemerintah desa dalam mencegah Covid-19 dengan berbagai kegiatan. Menurutnya warga memilki peran penting dalam pencegahan Covid-19 agar wabah ini tak masuk ke lingkungan khususnya Kelurahan Kelun.

Pihaknya juga berharap agar kegiatan pencegahan bisa dilakukan oleh organisasi lainnya, dengan demikian wabah ini bisa segera mereda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya