Sesuai Hadis, Insya Allah Covid-19 Berakhir Mei, Awal Musim Panas | Madiun TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Sesuai Hadis, Insya Allah Covid-19 Berakhir Mei, Awal Musim Panas

Apr 12, 2020 10:47
Ilustrasi (inet).
Ilustrasi (inet).

Pandemi covid-19 yang menyerang sebagian besar belahan dunia masih menjadi perhatian besar hingga kini. Masyarakat dunia pun selalu berharap dan bertanya, kapan sebenarnya wabah yang menyerang organ pernapasan ini akan berakhir.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW telah menyampaikan beberapa kabar gembira berkaitan dengan wabah virus. Rasulullah menyampaikan bahwa setiap wabah akan berakhir dalam waktu singkat. Disebutkan pula, setiap wabah yang muncul di dunia akan diangkat Allah SWT saat muncul bintang di suatu hari.

"Apabila satu saat nanti, muncul bintang di satu hari, pada pagi hari, maka akan diangkat lah segala macam wabah," demikian sabda Rasulullah SAW yang dinukil Imam Ahmad bin Hambal dalam musnad kumpulan kompilasi hadis-hadis.

Kemudian dalam riwayat Imam Thabrani dalam Mu’jam Ausath 1305 disampaikan, "Tidaklah terbit bintang di pagi hari sama sekali sedangkan suatu kaum ditimpa penyakit (wabah), kecuali pasti wabah itu diangkat dari mereka".

Para ulama kemudian mengatakan, yang dimaksud bintang dalam hadis tersebut adalah bintang Tsurayya. Menurut Al-Imam ibnu Mulaqqin, bintang Tsurayya itu akan muncul pada bulan Mayu atau bulan May. Kita semua mengenalnya sebagai Mei.

Bahkan Syeikh Ahmad bin Abdurrahman Al-Banna As-Saati mengatakan bahwa wabah maksimal menimpa suatu megeri tidak lebih dari 50 hari. Kemudian Al-Imam Ibnu Hajar Al-Asqollani dan Al-Imam Badruddin Al-Ayni dalam Syarh Bukhori mengatakan bahwa wabah ini akan terangkat ketika memasuki musim panas.

Selanjutnya Al-Imam At-Thobroni dalam kitabnya Mu'jamus Shoghir menyebutkan hadis riwayat Rasulullah SAW  bersabda: "Apabila bintang Tsurayya itu muncul, maka segala macam wabah yang ada di bumi ini, baik nerskala nasional maupun internasional, akan terangkat oleh Allah SWT".

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Malang Berita Malang berita malang hari ini Pandemi Covid 19 sabda Rasulullah SAW covid 19 berakhir

Berita Lainnya