Operasi penertiban tempat keramaian oleh Walikota Madiun (Maidi), Senin (23/3/2020)
Operasi penertiban tempat keramaian oleh Walikota Madiun (Maidi), Senin (23/3/2020)

Pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Madiun sangat ditegaskan. Seperti yang dilakukan Wali Kota Madiun, Maidi didampingi tim dari kecamatan, Kapolsek, Danramil setempat. 

Mereka memberi imbauan dan melakukan operasi penertiban kepada para pedagang dan masyarakat yang masih keluar rumah, Senin (23/3/2020) malam.

“Malam hari ini kita mengadakan kegiatan berdasarkan instruksi dari Presiden, Kapolri, Kapolda, dan Gubernur dari tadi pagi,” ujar Maidi saat ditemui di depan Balaikota Madiun setelah operasi berlangsung.

Operasi ini dilakukan untuk menertibkan masyarakat yan belum mengindahkan instruksi larangan berkegiatan di keramaian. Di hari kedua operasi penertiban ini, masyarakat yang masih berada di keramaian dipaksa segera kembali ke rumah masing-masing.

Maidi menambahkan, bahwa sampai hari ini Kota Madiun masih steril. Setelah, kegiatan yang melanggar harus ditegaskan agar tetap steril. Dia berkata bahwa masyarakat tidak boleh berada di keramaian dan kumpul pada malam hari.

Menurut Maidi, jika setelah 2 hari himbauan ini sudah berjalan dengan baik maka tidak akan diadakan jam malam.

Kapolres Kota Madiun, AKBP Raden Booby Aria Prakasa juga menambahkan jika kegiatan operasi penertiban ini berdasarkan maklumat Kapolri nomor 2 tanggal 19 Maret 2020 bahwa sudah tidak ada lagi izin keramaian yang dikeluarkan oleh pihak Kepolisian.

Dia juga berkata bahwa hingga hari ini izin keramaian untuk acara pernikahan juga tidak ada yang melanggar.

“Untuk pernikahan prosedurnya tetap sama untuk izin keramaian tidak ada, namun sejauh ini tidak ada yang melanggar," tutupnya.