Pelaku Usaha di Kota Malang Didorong Miliki Sertifikasi Usaha Jasa Wisata | Madiun TIMES

Pelaku Usaha di Kota Malang Didorong Miliki Sertifikasi Usaha Jasa Wisata

Mar 12, 2020 07:48
Lanscape keindahan Taman Alun-Alun Bundar Kota Malang (Yogi Iqbal/MalangTIMES).
Lanscape keindahan Taman Alun-Alun Bundar Kota Malang (Yogi Iqbal/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pelaku usaha di Kota Malang didorong miliki sertifikasi usaha jasa wisata. Dengan dimilikinya sertifikasi tersebut, kualitas pariwisata di kota bunga ini diyakini mampu meningkatkan jumlah pengunjung atau wisatawan. Terutama dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan wisatawan itu sendiri.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni menjelaskan, pelayanan industri wisata saat ini terus dibenahi. Pemerintah pusat pun menargetkan, lima tahun ke depan layanan wisata di seluruh daerah Indonesia semakin berkualitas. Artinya, bukan hanya jumlah kunjungan wisatawan saja yang menjadi konsentrasi.

"Kualitas saat ini lebih diutamakan," katanya.

Karena pemerintah telah menargetkan adanya penambahan devisa. Salah satu penyebab kenaikan devisa adalah pada pelayanan industri pariwisata untuk menambah lamanya wisatawan tinggal berlibur.

Perempuan yang akrab disapa Dayu itu menjelaskan, ketika wisatawan bertahan lebih lama, maka jumlah perputaran uangnya pun alam lebih banyak. Kondisi itu akan berpengaruh besar dalam penambahan devisa. Ujungnya akan turut menyumbang pembangunan setiap daerah.

Dengan standar yang dimiliki dalam setiap sertifikasi, dia pun mendorong agar seluruh usaha pariwisata melakukan sertifikasi. Karena itu akan menambah kepercayaan konsumen juga wisatawan.

Di Kota Malang sendiri, saat ini memang belum banyak perusahaan yang memegang sertifikasi usaha jasa wisata. Disporapar pun saat ini kembali melakukan pendataan ulang untuk mengetahui mana saja industri yang belum memiliki sertifikasi.

"Mungkin juga ada beberapa kesulitan. Nanti akan kami dorong supaya bisa menghubungi dinas terkait. Karena saat ini semuanya bisa diurus online melalui Online Single Submission," terang Dayu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya