Diprakarsai KKN Brantas Tuntas, Puluhan Komunitas Gelar Aksi Bersih Kali Ngrowo | Madiun TIMES

Diprakarsai KKN Brantas Tuntas, Puluhan Komunitas Gelar Aksi Bersih Kali Ngrowo

Feb 10, 2020 17:03
Kali Ngrowo dibersihkan oleh sejumlah komunitas, didukung dinas terkait dan mahasiswa (Foto: Istimewa / TulungagungTIMES)
Kali Ngrowo dibersihkan oleh sejumlah komunitas, didukung dinas terkait dan mahasiswa (Foto: Istimewa / TulungagungTIMES)

Gerakan Bersih Kali (GBK) Ngrowo dilakukan oleh berbagai pihak yang langsung diprakarsai oleh KKN Brantas Tuntas Kelurahan Kedungsoko IAIN Tulungagung. Tujuan kegiatan ini untuk memotivasi dan memberikan dorongan kepada masyarakat, pemerintah dan swasta agar semakin peduli dalam pengelolaan lingkungan dan aksi membersihkan sampah.

Sesuai dengan tema gerakan yang bertajuk Sungai Bersih, Sampah Dikelola, Masyarakat Sejahtera, GBK Ngrowo dilakukan melalui berbagai upaya bersama dan tindakan aksi nyata dengan melibatkan 13 dinas dan lembaga terkait, 24 komunitas se-Tulungagung dan 9 sekolah Adiwiyata se-Tulungagung.

Gerakan Bersih Kali atau sungai merupakan momen penting untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman. Kegiatan Aksi Lingkungan melalui kerja bakti sungai dan penanaman pohon hias sebagai komitmen kebersamaan yang ditunjukan melalui sinergitas antara elemen masyarakat peduli lingkungan, pemerintah, swasta, dengan seluruh komponen masyarakat dalam kepentingan bersama.

Pelaksanaan kegiatan Gerakan Bersih Kali (GBK) Ngrowo dilaksanakan pada hari Minggu, Tanggal 9 Februari 2020 kemarin di Kelurahan Kedungsoko.

Kegiatan ini diawali dengan penanaman tanaman hias di pintu masuk Kelurahan Kedungsoko. Setelah pembukaan, dilanjut kerja bakti  di sepanjang Kali Ngrowo wilayah Kelurahan Kedungsoko dan yang terbagi dalam beberapa kelompok dan ditutup dengan launching Bank sampah "Makmur Banksa" sebagai wujud penanggulangan sampah untuk meminimalisir pencemaran sungai akibat sampah.
Selain membangkitkan kepedulian, kesadaran dan memotivasi seluruh pihak, Pemerintah, masyarakat dan pihak swasta tujuan GBK ini  untuk mewujudkan Indonesia Bersih Sampah Tahun 2025 yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.
"Saya harap kegiatan seperti ini terus dilakukan dan kami siap bekerjasama untuk menyukseskan acara demi normalisasi kondisi sungai Kali Ngrowo", Tutur Basir selaku perwakilan dari Perum Jasa Tirta 1 dalam sambutannya. Gerakan ini, sekaligus sebagai penutupan KKN Brantas Tuntas kolaborasi PTN se-Jatim IAIN Tulungagung.

 

Topik
Tulungagung berita tulungagung Gerakan Bersih Kali Kelurahan Kedungsoko IAIN Tulungagung Pembersihan sampah di kali Tulungagung

Berita Lainnya