Tak Ditemukan Unsur Kampanye, Bawaslu Kembalikan Tabloid Indonesia Barokah | Madiun TIMES

Tak Ditemukan Unsur Kampanye, Bawaslu Kembalikan Tabloid Indonesia Barokah

Jan 31, 2019 17:39
Komisioner Bawaslu Banyuwangi, Hasyim Wahid
Komisioner Bawaslu Banyuwangi, Hasyim Wahid

Tabloid Indonesia Barokah yang diamankan Panwaslu Kecamatan segera dikembalikan kepada yang berhak. Proses pengembalian akan dilakukan mulai hari ini secara bertahap. Pengembalian ini dilakukan menyusul hasil kajian Bawaslu RI yang menyatakan Tabloid tersebut tidak mengandung konten kampanye.

Komisioner Bawaslu Banyuwangi, Hasyim Wahid, menyatakan, hasil inventarisir yang dilakukan Bawaslu Banyuwangi melalui Panwaslu Kecamatan ditemukan 1.110 paket pos berisi Tabloid Indonesia Barokah. Masing-masing paket berisi 3 eksemplar tabloid, sehingga jumlah totalnya ada 3.330 eksemplar.

Peredaran Tabloid yang disebut-sebut menyudutkan salah satu pihak ini paling banyak ditemukan di wilayah Kecamatan Srono. Jumlahnya mencapai 133 paket atau 399 eksemplar Tabloid. Sedangkan wilayah yang mendapat pengiriman paling sedikit adalah wilayah Kecamatan Gambiran dan Genteng. “Dua Kecamatan ini hanya ditemukan 2 paket,” jelasnya di Kantor Bawaslu Banyuwangi, Kamis (31/1/19).

Mantan jurnalis televisi ini menyatakan, sesuai dengan Surat Edaran Bawaslu Nomor 0187/K.BAWASLU/PM.06.00/I/2019 yang salah satu poinnya menyebutkan isi Tabloid Indonesia Barokah belum mengandung unsur Kampanye maka pihaknya sudah menginstruksikan ke Panwaslu Kecamatan untuk berkoordinasi dengan PT. Pos di masing-masing Kecamatan guna mengembalikan Tabloid Tersebut. “Kita sudah instruksikan untuk dilakukan mulai hari,” tegasnya.

Untuk Tabloid Indonesia Barokah yang sebelumnya berasal dari masyarakat atau pengurus masjid, maka Panwaslu Kecamatan akan mengembalikannya pada yang bersangkutan. Namun untuk Tabloid yang dititipkan pada instansi lain seperti pihak Kepolisian, menurut Hasyim itu menjadi domain dari masing-masing instansi tersebut.

Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dengan Tabloid Indonesia Barokah itu, lanjutnya, bisa melaporkannya ke Bawaslu Banyuwangi. “Akan kami tangani sesuai dengan Perbawaslu 7 tahun 2018 tentang Penanganan Pelanggaran,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Banyuwangi Berita Banyuwangi Tabloid Indonesia Barokah

Berita Lainnya