Tentukan Nasib Kades dan Caleg Terlibat Money Politic, Bawaslu Blitar Konsultasi Bawaslu Jatim | Madiun TIMES

Tentukan Nasib Kades dan Caleg Terlibat Money Politic, Bawaslu Blitar Konsultasi Bawaslu Jatim

Jan 30, 2019 18:46
Ilustrasi.(Foto : Goggle Images)
Ilustrasi.(Foto : Goggle Images)

Bawaslu Kabupaten Blitar akan menentukan sikap atas keterlibatan oknum kepala desa calon legislatif Kabupaten Blitar, setelah menerima rekomendasi konsultasi dari Bawaslu Jawa Timur.

Menurut dia, saat ini pihaknya tengah melakukan konsultasi dengan Bawaslu Provinsi Jatim untuk menentukan langkah yang akan diambil. Keputusan dari konsultasi itu nanti akan diplenokan di tingkat Bawaslu Blitar untuk selanjutnya diambil keputusan.

"Ada dugaan keterlibatan kades dan ada dugaan money politic yang dilakukan oleh caleg tersebut. Sehingga dari temuan itu kami telah mengundang delapan saksi termasuk kades dan caleg untuk dimintai keterangan di Bawaslu. Selain itu langkah yang kami ambil adalah berkonsultasi dengan Bawaslu Provinsi. Hasil konsultasi inilah yang selanjutnya akan kami plenokan untuk mengambil keputusan," tutur Hakam Sholahudin, Selasa (29/1/2019).

Hakam mengatakan, sebelumnya pihaknya telah  membahas permasalahan ini bersama dengan Instansi terkait. Termasuk kepolisian dan penegakan hukum terpadu (Gakkumdu). Bawaslu yakin dalam waktu seminggu kedepan sudah ada keputusan terkait masalah ini. "Kami targetkan pekan ini sudah selesai," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang Caleg dan seorang kepala desa dimintai keterangan oleh Bawaslu Kabupaten Blitar. Hal ini dilakukan Bawaslu setelah menerima laporan bahwa caleg dan kades tersebut terlibat dalam sebuah pertemuan yang mengakomodir ratusan warga di Desa Sumber Rejo Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar.

Tak hanya menghadiri pertemuan, caleg perempuan ini juga memberikan uang dan mengenalkan diri sebagai caleg Dapil Kabupaten Blitar II yang meliputi Kecamatan Sanankulon, Srengat dan Nglegok.

Usai diperiksa terkuak fakta jika kades yang hadir dalam pertemuan itu bukan hanya Kades Sumber Rejo melainkan juga ada Kades Jeding.(*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
blitar Berita Blitar Bawaslu Kabupaten Blitar Nasib Kades dan Caleg Terlibat Money Politic

Berita Lainnya