Ternyata Ini Isi Benda Yang Dicurigai Bom Usai Diungkap Tim Jibom Polda Jatim | Madiun TIMES

Ternyata Ini Isi Benda Yang Dicurigai Bom Usai Diungkap Tim Jibom Polda Jatim

May 15, 2018 18:47
Suasana saat tim Jibom Polda Jatim yang tiba di Wonorejo ketika hendak melakukan penanganan (Foto : Ahmad Jafin/ JatimTIMES)
Suasana saat tim Jibom Polda Jatim yang tiba di Wonorejo ketika hendak melakukan penanganan (Foto : Ahmad Jafin/ JatimTIMES)

Tim Penjinak Bom (Jibom) dari Brimob Polda Jatim tiba sekitar pukul 15.30 WIB di lokasi ditemukannya benda mencurigakan diduga bom yang berada di sebuah warung makan terminal Wonorejo, Lumajang, Selasa (15/5/2018).

Tim Jibom yang beranggotakan 10 orang seketika melakukan persiapan saat turun dari mobil. 

Selanjutnya seorang di antara mereka langsung mengenakan pakaian antibom untuk melakukan tindakan penjinakan benda yang dicurigai sebagai bom. Sedangkan personil lainnya berjaga-jaga disekitar area warung nasi yang berada di terminal.

Usai melakukan tindakan penjinakan bom, diketahui benda yang berupa tas ransel dan kresek hitam yang awalnya dicurigai sebagai bom rupanya tidak terbukti.

Dari hasil penguraian diketahui isi benda yang terbungkus di dalam tas ransel dan kresek hitam ternyata hanya barang-barang pribadi berupa pakaian.

"Usai dilakukan penguraian terhadap benda yang awalnya dicurigai sebagai bom, ternyata isinya berupa barang-barang pribadi, seperti pakaian," ujar Kapolres Lumajang AKBP Rachmad Iswan Nusi, S.I.K., M.H dihadapan awak media.

Disinggung soal kabel yang terlihat di dalam kresek warna hitam, diketahui ternyata kabel tersebut merupakan sambungan dari setrika.

"Kabel yang ditengarai sebagai sambungan bahan peledak, ternyata kabel setrika. Namun demikian, tetap kita sesuaikan dengan SOP jika menemukan benda yang mencurigakan. Oleh sebab itu, kita datangkan tim Jibom (penjinak bom) dari Brimob Polda Jatim untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," lanjut Kapolres Lumajang.

Tak lama kemudian di kala kesibukan tim Jibom melakukan upaya pengamanan, datang seorang pria yang mengenakan baju batik dengan mengaku sebagai pemilik benda tersebut.

Kini, untuk mendalami informasi lebih lanjut dan motif pria tersebut menaruh benda yang sempat membuat geger masyarakat Lumajang, akhirnya pria tersebut diamankan petugas guna dilakukannya penyelidikan lebih lanjut.

"Kini pria yang mengaku sebagai pemilik barang tersebut masih kita periksa. Yang bersangkutan diketahui warga Banyumas, Jawa Tengah, yang akan melakukan perjalanan pulang," pungkas Kapolres Lumajang AKBP Rachmad Iswan Nusi.

Topik
Berita Lumajang Tim Penjinak Bom (Jibom) Brimob Polda Jatim

Berita Lainnya