Musim Hujan, Hama Mengancam Tanaman Petani | Madiun TIMES

Musim Hujan, Hama Mengancam Tanaman Petani

Feb 05, 2016 13:52
Ilustrasi (Foto: googleimage)
Ilustrasi (Foto: googleimage)

Memasuki musim hujan, Petani di Bondowoso, Jawa Timur, diminta untuk mewaspadai sejumlah hama yang berpotensi merusak lahan pertanian. 

Koordinator Pengamat Hama, Dinas Pertanian Bondowoso, Solimin mengatakan, beberapa hama yang berpotensi merusak di antaranya hama blast yang disebabkan oleh cendawan atau jamur serta hama santomonas. 

"Yang harus diwaspadai itu penyakit blast yang disebabkan oleh cendawan atau jamur serta hama santomonas yang disebabkan oleh bakteri. Pemicunya karena cuaca seperti saat ini," kata Solimin, Jumat (5/2/2016). 

Menurut Solimin, Dinas Pertanian sudah mendapatkan laporan dari beberapa petani yang lahannya mulai terkena hama. Untuk itu, pihaknya juga sudah melakukan penanganan pada serangan hama agar tidak menyebar ke lahan pertanian lainnya. 

"Sudah ada beberapa laporan, hanya saja kita tangani sedini mungkin jadi tidak sampai membuat petani gagal panen," ujarnya. 

Dinas Pertanian sendiri sudah menyiapkan cairan pembasmi hama yang akan diberikan secara gratis kepada Petani. Petani juga diminta segera melaporkan kepada dinas manakala menemukan serangan hama yang mengkhawatirkan. (*)

Topik
Petani Bondowoso Padi Kopi Tembakau

Berita Lainnya